in: Movies | September 8, 2010 | by: Lucky Natalia

Centurion: Legenda Itu Muncul Kembali

Bagi Romawi (Italia) dan Kerajaan Inggris, sejarah mengenai Ninth Legion tidak dapat dilupakan begitu saja. Peristiwa yang terjadi sekitar tahun 60 M tersebut dikenang dan menjadi sebuah legenda yang dikisahkan dari generasi ke generasi.

Anda merasa tidak familiar dengan Ninth Legion? Anda bisa mengetahui kisahnya dari film ini. Centurion mengangkat kisah mengenai perjalanan Ninth Legion saat berperang menghadapi perlawanan bangsa Pict (asal muasal penghuni Skotlandia sekarang). Ninth Legion menghadapi perang yang cukup panjang (hingga sekitar tahun 117 M) hingga akhirnya tidak terdengar kabarnya lagi. Bagi Romawi, hilangnya Ninth Region adalah kerugian besar dan juga sebagai tanda bahwa mereka gagal menundukkan Caledonia (sekarang Skotlandia).

Centurion berkisah tentang seorang centurion bernama Quintus Dias (Michael Fassbender) yang bergabung bersama Ninth Legion untuk memerangi bangsa Pict. Namun, berperang melawan bangsa Pict merupakan tantangan terbesar unit tersebut. Raja bangsa Pict, Gorlacon (Ulrich Thomsen), melatih orang-orangnya untuk menjadi pejuang-pejuang tangguh yang keji dan tak takut mati. Salah satunya adalah Etain (Olga Kurylenko), seorang bisu yang sangat membenci Romawi karena kenangan buruk mengenai bangsa Romawi yang terus-menerus menghantuinya. Pasukan Romawi berhasil terkecoh jebakan Etain dan kehilangan banyak prajurit karena mendapat serangan mendadak dari bangsa Pict. Hanya Centurion Dias dan enam prajurit yang berhasil lolos dari serangan tersebut dan melanjutkan perjalanan menuju markas mereka.

Dalam perjalanan tersebutlah mereka melewati banyak tantangan dan bahaya. Mereka harus bersembunyi dari kejaran bangsa Pict yang tidak segan-segan membunuh mereka dengan segala cara. Centurion Dias pun memikul beban berat untuk mengantarkan prajurit yang tersisa tersebut, hidup-hidup. Akankah mereka berhasil melewati bangsa Pict?

From Myth to Movie

Mitos mengenai Ninth Legion telah hidup selama puluh-puluh abad. Tidak ada yang bisa memastikan penyebab hilangnya mereka. Beberapa kemungkinan menyeruak ke permukaan namun tidak menghasilkan kesimpulan yang pasti.

Saya mengangkat topi untuk Neil Marshall atas usahanya menghadirkan sebuah kisah yang nyaris terkubur zaman. Dari segi penyajian cerita, Neil Marshall mengemasnya dengan cukup baik. Saya tidak bisa menyatakan film ini sebagai salah satu film terbaik di kelasnya. Namun, usaha Marshall patut diacungi jempol karena ia berusaha menghadirkan sebuah kisah yang detail dengan improvisasi di beberapa adegan.

Satu hal yang sangat menonjol dari film ini adalah penggambaran adegan yang terlalu sadis. Gore everywhere! Marshall mengatakan bahwa mereka membutuhkan sekitar 200 liter darah buatan untuk keseluruhan film! Bisa Anda bayangkan berapa banyak pertumpahan darah yang terjadi! Bagi Anda yang tidak begitu menyukai film slasher dan sejenisnya, Anda akan meringis berkali-kali saat menyaksikan adegan perang di film ini.

Jika Anda mengetahui latar belakang kisah yang disajikan Neil Marshall ini, Anda akan dapat memahami dan menikmatinya dengan mudah. Namun, jika Anda tidak tahu sama sekali mengenai sejarah Ninth Legion, Anda akan melihat film ini sebagai sebuah film perang biasa yang membosankan.

Tanggal rilis:
5 September 2010
Genre:

Action, thriller
Durasi:

100 menit
Sutradara:

Neil Marshall
Pemain :

Michael Fassbender, Dominic West, Olga Kurylenko, David Morrissey, Noel Clarke, Riz Ahmed, JJ. Feild, Liam Cunningham
Studio:

Celador Films

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES