in: News | September 29, 2010 | by: Deliusno

Cisco TelePresence Pertemukan Orang Dari Mana Saja

Tim JagatReview hari ini diajak Cisco untuk mencoba unit TelePresence 3010, sebuah sistem yang mampu memberikan pengalaman tatap muka dengan beberapa orang dari lokasi yang berbeda dalam ukuran sesungguhnya secara virtual. Cisco mengadakan uji coba produk ini di kantor mereka sendiri yang berada di Perkantoran Hijau Arkadia, Jalan TB. Simatupang, Jakarta.

Cisco TelePresence 3010 dirancang khusus untuk enam orang di satu lokasi. Sistem ini dapat terhubung dengan 48 lokasi yang berbeda.

Setibanya kami di lokasi uji coba, kami langsung diajak untuk masuk ke sebuah ruangan kecil. Di ruangan tersebut tersedia tiga buah TV yang masing-masing memiliki ukuran 65 inci. Ternyata, melalui layar inilah lawan bicara kita akan muncul. Di bagian bawah, terletak sebuah TV lagi yang ternyata fungsinya adalah untuk menampilkan file presentasi atau data-data yang ingin ditunjukkan ke lawan bicara atau sebaliknya. Di atas TV tersebut, diletakkan sebuah kamera dengan tiga buah lensa yang menghadap ke berbagai arah, kiri, tengah, dan kanan. Setiap lensa mengambil gambar dari arah yang berbeda. Sedangkan di bagian meja, terletak microphone dan juga sebuah telepon. Telepon tersebut berfungsi untuk menghubungkan antar satu pengguna dengan pengguna lain.

Untuk melakukan uji coba ini, kami coba menghubungi kantor cabang Cisco yang ada di Singapura. Hasilnya sungguh luar biasa. Lawan bicara kami terlihat begitu jelas dan tajam di layar 65 inci tersebut. Meja yang ada di ruangan tersebut diatur sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan kalau lawan bicara seakan-akan ada di depan pengguna.

Kami cukup terkesan dengan sistem TelePresence dari Cisco ini. Sistem ini mampu membawa lawan bicara kami yang berada di tempat yang sangat jauh seakan ada di depan kami. Sistem ini juga mampu menghadirkan video streaming dengan kualitas Full HD dengan lancarnya, tanpa adanya gangguan sedikitpun. Untuk mencapai kelancaran dalam berkomunikasi ini dibutuhkan bandwidth yang tidak sedikit. Pengguna harus memiliki koneksi internet dari 2MB hingga 4MB per detik jika ingin memiliki sistem yang lancar.

Sistem TelePresence juga dapat memberikan banyak penghematan bagi penggunanya. Pengguna sudah tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk melakukan pertemuan. Biaya perjalanan dapat banyak terpangkas dengan adanya sistem ini.

Sistem yang canggih biasanya selalu disertai dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk Cisco TelePresence 3010 sebuah perusahaan harus merogoh kocek hingga USD250.000. Namun, Anda masih bisa menggunakan sistem yang lebih kecil, yaitu Cisco TelePresence 500 yang dibanderol dengan harga USD34.000. Sistem Cisco TelePresence ini memiliki kisaran harga antara USD34.000 hingga USD300.000.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES