in: Overclocking | September 8, 2010 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Corsair H70: Sedingin Apa Water Cooling ini?

Pada artikel sebelumnya, Unboxing: Corsair H70 Watercooling Kit kami telah memperlihatkan kelengkapan dan bentuk fisik dari Corsair H70 sendiri. Lantas bagaimana dengan performa dari Watercooling Kit yang cukup banyak ditunggu oleh pengguna komputer entusias ataupun kalangan overclocker ini?

Seperti janji kami sebelumnya, kali ini JagatReview akan melakukan sedikit test singkat untuk melihat apakah Corsair H70 ini dapat bersaing dengan heatsink Thermalright Venomous-X yang cukup populer digunakan oleh kalangan overclocker ataupun kalangan entusias pada sistem mereka.

Sebagai gambaran singkat, Corsair H70 ini akan kami tes dalam casing tertutup beserta dengan heatsink pembanding yang akan kami gunakan yaitu Thermalright Venomous-X. Pengetesan akan berlangsung di ruangan tanpa AC dengan suhu ruangan cukup tinggi yang berkisar antara 29.6 C – 30.8 C. Pengetesan dilakukan dengan kondisi WORST CASE tanpa fan tambahan dari luar ataupun dalam casing (tanpa fan intake) agar perbandingan performa dari kedua pendingin dapat terlihat dalam penggunaan sehari-hari yang kebanyakan akan digunakan di dalam casing.


Satu hal yang perlu Anda perhatikan sewaktu memasang Corsair H70 ini ke dalam casing adalah konfigurasi fan harus dibuat intake, yaitu fan harus menghadap ke dalam casing agar radiator mendapat semburan udara segar dari luar casing. Hal tersebut dilakukan agar radiator dapat didinginkan lebih maksimal walaupun suhu dalam casing akan sedikit meningkat. Konfigurasi ini bertolak belakang dengan penggunaan heatsink yang umumnya menggunakan fan dengan konfigurasi pull. Konfigurasi pull adalah mendorong udara keluar dari casing agar udara panas tidak terperangkap didalam casing sehingga heatsink dapat bekerja dengan maksimal.

Selain itu, kami juga akan membandingkan performa dari Corsair H70 ini dengan kedua fan berjalan pada mode performance (2000Rpm) dan mode silent (1600Rpm). Kedua pendingin dari Corsair dan Thermalright akan kami tes dengan fan yang sama dalam kondisi push-pull.

Langsung saja kita simak hasil dari pengetesan yang kami lakukan kali ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi sistem yang kami gunakan selama pengetesan:

Processor : Intel Core i7 980X
Motherboard : MSI Big Bang X-Power
Memory : A-Data XPG DDR3-1866+C8
Graphic Card : MSI GeForce GTX480
Harddisk : Western Digital Velociraptor 300GB
PSU : Antec TPQ 1200W OC Edition
Thermalpaste : Artic Cooling MX-2

Dalam pengetesan ini, kami akan membuat 3 profile untuk mensimulasikan load dari processor Intel Core i7 980x dengan settingan default (Profile 1), sedikit ter-overclock (Profile 2), dan overclock dengan voltase yang cukup tinggi (Profile 3) untuk melihat sejauh mana Corsair H70 dalam mendinginkan sebuah processor.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES