in: Books | September 25, 2010 | by: Lucky Natalia

Honda: Conquer the World’s Top Race

Honda Ltd. didirikan oleh Soichiro Honda, seorang pria yang tidak memiliki latar pendidikan yang mapan namun memiliki semangat dan ambisi yang sangat besar. Satu tahun pasca-kekalahan besar Jepang di Perang Dunia II, Honda memberanikan diri untuk membuka bisnis pembuatan sepeda motor. Bersama timnya yang kebanyakan tenaga muda, Honda tidak pernah putus asa melakukan inovasi untuk menciptakan produk terbaik. Produk pertama yang berhasil diciptakan Honda adalah sebuah sepeda yang dilengkapi mesin generator listrik yang biasanya digunakan sebagai komunikasi nirkabel oleh angkatan darat Jepang. Soichiro Honda memang gemar sekali melakukan “daur ulang” peralatan perang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan bahan pembangun produk-produknya.

Untuk menembus pasar dunia, tentunya Honda harus berhasil menembus pasar Jepang. Tahun 1954, Soichiro Honda yang tergila-gila dengan dunia balap memutuskan bahwa perusahaannya akan mengikuti balap motor TT di Pulau Man. Keputusan tersebut diambil saat perusahaan nyaris bangkrut karena pembelian menurun drastis. Tantangan besar tersebut membuat tim Honda semakin giat untuk menciptakan mesin sepeda motor yang prima, yang bisa menyejajarkan kehebatan sepeda motor buatan Eropa (saat itu MV dari Italia).

Prestasi pertama Honda diraih enam tahun setelah keputusan Soichiro mengikutsertakan produknya di balapan TT Pulau Man. Saat itu, Honda berhasil menduduki peringkat ke-6 di kelas 125cc dan urutan ke-4 di kelas 250cc. Sejak saat itu, produk-produk Honda mulai dikenal pasar internasional. Honda pun melejit menjadi salah satu produsen sepeda motor terkemuka.

Buku mengenai sejarah pendirian dan perkembangan Honda Ltd. ini dikemas dalam bentuk komik ringan yang sarat dengan adegan konyol yang mengundang tawa. Buku ini secara gamblang menggambarkan perjuangan Soichiro Honda untuk menjadikan produk-produknya nomor satu di pasar Jepang dan dunia internasional. Banyak kegagalan yang mungkin bisa saja membuat Honda menyerah. Namun, ia menjadikan kegagalan tersebut sebagai sebuah jalan menuju kesuksesan. Seperti kutipan kalimat Honda yang akan selalu diingat oleh timnya, “Sebuah kesuksesan dapat dihasilkan di atas 99 persen kegagalan”. Itulah sebabnya produk-produk Honda dikatakan sebagai “The Power of Dream”, yang memiliki makna bahwa produk-produk Honda diciptakan dari hasil sebuah mimpi seorang Soichiro Honda.

Buku ini dapat menjadi salah satu buku motivasi favorit Anda. Jika Anda mengalami kegagalan, ingatlah bahwa seorang Soichiro Honda pun pernah mengalami hal yang serupa. Pastinya, kisah Honda dan perusahaannya dapat menginspirasi Anda untuk terus berusaha dan berkarya dengan sebaik-baiknya.

Penulis:
Kelompok Produser Project X NHK
Terbit:
Juni 2010
Kategori:
motivasi
Harga:
Rp39.800
Jumlah halaman:
206 halaman
Penerbit:
Elex Media Komputindo

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES