LOGO

IBM Klaim Ciptakan Mikroprosesor Tercepat di Dunia

IBM baru-baru ini mengumumkan mikroprosesor yang diklaim memiliki clock speed tercepat saat ini. Mikroprosesor tersebut adalah z196. Z196 diklaim mampu berjalan di kecepatan 5.2GHz.

Berapa clock speed yang biasa Anda dapatkan saat sedang melakukan overclocking? Mungkin beberapa dari Anda menjawab lebih dari 6GHz. Biasanya, seseorang bisa mendapatkan kecepatan seperti itu jika menggunakan sistem pendingin yang luar biasa bagus. Tidak jarang, seorang overclocker mencapai clock speed tersebut menggunakan bantuan liquid-nitrogen.

Z196 tidak perlu menggunakan sistem pendingin yang bagus atau bantuan dari liquid-nitrogen untuk mencapai kecepatan 5.2GHz. Produk ini menggunakan empat core yang dibangun menggunakan teknologi fabrikasi 45 nanometer. Z196 diklaim menggunakan 1.4 miliar transistor dan memiliki kemampuan untuk menangani 50 miliar instruksi per detiknya.

Jika Anda berharap untuk menemukan z196 di pasaran, sebaiknya Anda mengubur impian tersebut dalam-dalam. IBM tidak akan meluncurkan produk ini untuk pasaran konsumer. Mereka akan lebih mengfokuskan penjualan produk ini untuk kelas enterprise, seperti produk server.

Apakah untuk ke depannya akan ada mikroprosesor yang mampu menyaingi kemampuan Z196? Kita tunggu saja.

Comments

  1. hendito says:

    khas dari IBM = mahal, paling entar cuman di pakai ama Console Games

    or cuman buat Datacenter doank

Random Articles
Back to Top