LOGO

Live Report Pembukaan IDF 2010

Intel Developer Forum (IDF) selalu menghadirkan inovasi dan kejutan terbaru dari Intel setiap tahunnya. Tahun ini, salah satu rekan kami, Dedy Irvan, mendapatkan kehormatan untuk menghadiri IDF 2010 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat tersebut. Pada acara pembukaan IDF 2010 yang digelar Senin siang waktu setempat, beberapa perwakilan Intel sempat memberikan sedikit informasi mengenai beberapa inovasi baru mereka yang akan dibahas pada IDF 2010 ini.

Sandy Bridge

Prosesor yang sudah dinantikan kehadirannya, Sandy Bridge, muncul di acara pembukaan IDF. Sandy Bridge, prosesor dengan proses produksi 32nm yang merupakan penerus dari Nehalem, ini diklaim Intel sebagai seluruh komponen kritikal pada PC yang terintegrasi dalam satu chip. Untuk membuktikan hal itu, Intel menunjukkan kemampuan Sandy Bridge dalam menjalankan game StarCraft II dengan lancar. Intel juga mengadu kemampuan Sandy Bridge dengan prosesor andalan mereka saat ini, Core i7 dalam suatu aplikasi benchmark, dan Sandy Bridge dengan mudah mengalahkan Core i7 tersebut! Intel mengharapkan Sandy Bridge sudah siap menyapa penggunanya pada awal tahun 2011 mendatang.

Sandy Bridge ternyata hanya satu dari banyak kejutan yang disiapkan Intel di acara IDF 2010 ini. Mereka ternyata masih menyimpan beberapa kejutan lagi, diantaranya adalah teknologi Wireless Display. Sesuai dengan namanya, teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan gambar dari satu device ke layar eksternal tanpa menggunakan kabel penghubung! Intel sepintas sempat menunjukkan kemampuan Wireless Display ini pada para peserta sesi dengan menampilkan gambar yang ada di layar suatu tablet ke layar lain tanpa menghubungkan kedua perangkat tersebut secara fisik.

JagatReview Mencoba Gesturetek

Intel juga sempat membocorkan sedikit informasi mengenai masa depan prosesor server mereka yang dikenal dengan nama Xeon. Pada tahun 2011 mendatang, Intel sudah mempersiapkan prosesor Xeon baru dengan kode Westmere-EX. Xeon baru tersebut dikabarkan akan memiliki 10 core (20 thread) dan menggunakan proses produksi 32nm. Intel juga memperkenalkan Gesturetek, sebuah sistem gesture-control, mirip dengan Kinect dari Microsoft, yang bisa digunakan dalam aplikasi sehari-hari maupun digunakan untuk bermain game. Selain itu, Intel juga sempat menyinggung Larabee, proyek discrete graphics dari Intel yang sempat “ditutup” beberapa waktu yang lalu. Ternyata, Intel tidak benar-benar menutup proyek Larabee, Intel masih memiliki beberapa rencana terkait dengan proyek ini.

Penasaran dengan inovasi-inovasi dan kejutan yang sudah disiapkan Intel tersebut? Ikuti terus informasi terkini yang dikabarkan oleh rekan kami, Dedy Irvan langsung dari San Francisco, Amerika Serikat hanya di JagatReview.

Comments

Random Articles
Back to Top