Nintendo: Inovasi Tiada Henti

Reading time:
September 7, 2010
nes

Apakah Anda mengenal mesin dari masa lalu ini? Yup, ini adalah mesin NES dari Nintendo yang mungkin pernah membuat masa kecil Anda menjadi jauh lebih bahagia.

NINTENDO, sebuah nama besar dalam sejarah konsol gaming di dunia. Bermula dari mesin Nintendo Famicom yang diluncurkan pada awal tahun 1980-an. Diiringi dengan lahirnya salah satu franchise besar game Mario Bros, Nintendo mulai menikmati sukses dan mulai mengukir nama besar nya dalam sejarah.  Untuk memenuhi pasar luar negeri, Nintendo mengubah desain dan nama Famicom menjadi NES dan resmi diluncurkan pada tahun 1986 dengan Mario dan Metroid sebagai game andalannya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, Nintendo memperbaharui NES-nya dengan spesifikasi yang lebih baik tetapi dengan harga yang lebih murah. Akhirnya, Super Nintendo lahir untuk mengalahkan dominasi Sega, yang waktu itu, berjaya dengan Sega Genesisnya.

Di Jepang, Nintendo menang mudah, namun di luar negeri Nintendo harus berjuang lebih keras karena kuatnya iklan dan promosi Sega di sana. Beberapa tahun kemudian, dengan lahirnya franchise game raksasa seperti Super Mario Bros, Legend of Zelda, dan Final Fantasy, Nintendo mulai memegang kendali pasar.

Sekitar tahun 1996, Nintendo meluncurkan konsol pertama mereka yang mampu mengerjakan lingkungan 3D dalam game, NINTENDO 64. Namun, Nintendo harus berjuang mati-matian melawan Sony. Sony di kala itu mengeluarkan Playstation dan menawarkan format permainan dalam CD-ROM. Format ini jauh lebih murah dan fleksibel dibandingkan Nintendo yang masih berusaha bertahan dengan sistem catridge-nya.

Persaingan berlanjut dan berubah ke generasi selanjutnya. Teknologi memungkinkan peningkatan grafis dan jenis permainan yang lebih banyak untuk gamer di seluruh dunia. Nintendo mengeluarkan GameCube yang lagi-lagi tidak mampu menyaingi Sony dengan Playstation 2 yang menggunakan media DVD-ROM yang lebih familiar.

gamecube

Selama proses perkembangannya, Nintendo tidak hanya mengandalkan konsol rumahnya untuk menarik pasar, tetapi berbagai macam konsol handheld dan portabel juga diluncurkan. Mulai dari Game Boy Pocket – Color hingga yang terakhir ini NDS (Nintendo DS).

Dengan pengalamannya yang kaya, Nintendo menyadari bahwa mereka bisa bertahan lebih kuat karena inovasi yang mereka tawarkan dalam persaingan. Hal itu jugalah yang kemudian mendasari diluncurkannya konsol Wii dan handheld NDS ke pasar.

Ketika developer konsol lain seperti Sony dan Microsoft berlomba-lomba meningkatkan performa konsol yang mengutamakan peningkatan grafis, Wii datang dengan inovasi cara bermain dan menendang semua kompetitornya dalam persaingan next gen karena harganya yang lebih murah dan kesenangan yang ditawarkan. Sekali lagi Nintendo mulai memegang kendali lewat inovasi.

nintendo wii

Lalu bagaimana dengan Nintendo sekarang? Apa yang sedang mereka kerjakan?

Setelah menyelesaikan NDS 3D yang menawarkan efek tiga dimensi tanpa bantuan kacamata yang direncakan dirilis awal tahun depan, Nintendo mulai membicarakan rencana konsol masa depannya.

Co-creator Metroid Yoshio Sakamoto mengatakan bahwa Nintendo tidak akan pernah berhenti menawarkan inovasi yang lebih baik. “Di Nintendo, kami punya kewajiban untuk mengejutkan user dengan konsol baru kami. Kami tidak akan melakukan apa yang orang lain pernah lakukan. Kami lebih memilih menciptakan sesuatu yang benar-benar menarik perhatian, dan kali ini juga. Satu hal yang pasti, mesin Nintendo yang baru akan membuat mulut kalian ternganga kaget.”

Tahun lalu, President Nintendo Satoru Iwata menekankan pentingnya mengejutkan orang lain dengan konsol Nintendo yang baru ini. Tetapi lebih penting menurut Iwata, bahwa keterkejutan ini harus “bermakna” seperti misalnya dalam masalah waktu peluncuran. “Mungkin tiga tahun lagi, lima tahun, atau delapan tahun ke depan..”, Iwata menambahkan.

Jadi persiapkan diri anda dengan inovasi yang diluncurkan Nintendo ke depannya. Bisa saja Anda akan benar-benar ternganga lebar melihatnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…