LOGO

PenDrive Click Co: Seperti Pensil Mekanik

Rekan saya, Deliusno, baru saja mengeluarkan sebuah berita mengenai flash disk Click co buatan PenDrive pada link ini. Untungnya, produk PenDrive ini telah datang ke meja pengujian kami. Kamitelah selesai menguji flash disk dengan desain unik ini. Flash disk yang datang ke meja pengujian kami berwarna hijau. Hal ini berarti kami mendapatkan sampel dengan kapasitas 16 GB.

Produk yang unik? Bisa dibilang begitu. Desain dari flash disk ini memang berbeda dari yang lainnya. Biasanya, flash disk dengan bentuk seperti ini didesain dengan model slide. PenDrive membuat flash disk ini dengan model seperti ballpoint atau pensil mekanik.

Jika Anda ingin menggunakan flash disk ini, Anda harus terlebih dahulu menekan daerah yang berwarna hijau. Tekan daerah hijau tersebut ke arah body berwarna putih sampai berbunyi “klik”, maka akan muncul konektor USB seperti di bawah ini.

Paket Penjualan

Selain komponen flash disk itu sendir, pembungkus flash disk Pendrive ini juga dibuat unik. Bentuk paket penjualannya mirip dengan sebuah gantungan pintu. Selain itu, tulisan “Caution”, bisa membuat tamu yang tidak diundang untuk berhenti sejenak saat ingin membuka pintu kamar Anda.

Di dalam paket penjualan tersebut Anda akan menemukan dua buah bonus perlengkapan. Bonus pertama adalah sebuah kartu garansi untuk mengklaim garansi selama lima tahun pada website PenDrive. Perlengkapan kedua adalah sebuah stiker label unik.

Platform Pengujian

Prosesor: Intel Core i7 930
Motherboard: Intel X58
Storage: Western Digital Caviar 500 GB
Memory: 3x 1 GB DDR3
Graphics card: NVIDIA GeForce GTX 275

Pengujian

HDTune

Kami cukup kaget melihat perolehan nilai dari HDTune. Kinerja bacanya berbeda dengan yang dijanjikan oleh sang produsen. Bahkan kami sudah mencoba lebih dari lima kali dengan hasil yang sama.

HDTune pun juga mendeteksi bahwa kinerja flash disk ini agak kurang pada proses penulisannnya.

I/O Meter

Mari kita lihat “peruntungan”  flash disk ini dari program benchmark lainnya

Terlebih dahulu kita lihat kinerja baca dan tulis file secara acak pada flash disk ini. Kinerja flash disk ini tergolong biasa saja untuk kinerja baca random-nya. Akan tetapi, kinerja tulis random-nya kurang baik.

I/O Meter pun menyajikan hasil pengujian yang mirip dengan HDTune. Kinerja tulisnya tidak sampai pada janji produsen. Kinerja bacanya pun sama, akan tetapi masih lebih baik dari hasil benchmark sebelumnya.

Crystal Disk Mark

Pengujian dengan CDM menghasilkan kinerja yang sedikit lebih baik dari kedua program benchmark sebelumnya. Ternyata kinerja pembacaan saat ada antrian data kecil sedikit meningkat.

Kinerja tulisnya sekali lagi kurang memuaskan. Ternyata CDM hasilnya mirip dengan I/O Meter saat menguji penulisan data secara random.

Transfer File 3 GB

Setelah kami menguji dengan menggunakan program benchmark, saatnya kita lihat bagaimana kinerja flash disk ini dengan mentransfer data sebesar 3 GB. Satu hal yang cukup mengagetkan adalah ternyata saat mentransfer data sebesar 3GB ke dalam flash disk, Anda harus menunggu lebih dari 20 menit. Walaupun begitu, kinerja baca flash disk ini ternyata cukup baik untuk dijadikan sebagai bank data. Anda dapat menyalin file yang ada pada flash disk ini dalam waktu sekitar lima menit.

Kesimpulan

Desain yang berbeda memang sangat baik dalam penjualan sebuah flash disk. Pada flash disk ini, desainnya dibuat seperti ballpoint atau pensil mekanik. Kami menyukai desain yang seperti ini dibandingkan dengan desain slide yang sudah sering dipakai banyak produsen. Alasannya sederhana, desain slide lebih sering menjadi licin seiring dengan waktu.

Desain yang baik ini sayangnya tidak disertai dengan kinerja yang kencang. Kinerja tulisnya, seperti yang telah dihasilkan dengan program benchmark dan tes real world, kurang baik. Walaupun begitu kinerja bacan Pendrive Click Co bisa Anda harapkan. Oleh karena itu, flash disk ini cocok untuk dijadikan bank data. Dengan kapasitasnya yang besar, menyalin data dari dalam flash disk tersebut tidak membutuhkan penantian yang lama. Anda hanya harus menunggu lima menit untuk jumlah data sebesar 3 GB.

Produk ini cocok untuk Anda yang gemar menggunakan flash disk sebagai bank data, seperti kebanyakan para pengguna flash disk pada umumnya. Akan tetapi, jika Anda tipe orang yang sering melakukan pengopian data ke dalam flash disk, sepertinya flash disk ini kurang cocok untuk Anda. Bagi Anda yang sering lupa dengan tutup flash disk, flash disk ini mungkin cocok untuk Anda, karena ia tidak disertai tutup flash disk.

Kelebihan

  • Desain click seperti ballpoint atau pensil mekanik
  • Kapasitas besar
  • Bonus label

Kekurangan

  • Kinerja lamban
Produsen PenDrive
Info http://www.pendrive.com.my
Harga Rp. 286.000
Distributor PT Eternal Asia Indonesia
Telepon 021 6231 3035
Garansi 5 Tahun
Kapasitas 16 GB
Interface USB 2.0

Comments

  1. hendito says:

    ndak bisa buat installer macan neh. minimal membutuhkan write 10MB/s dan read 20MB/s … biar cepat

Random Articles
Back to Top