Prince of Persia: Blunder yang Berhasil Dihindari
Prince of Persia merupakan salah satu franchise game action yang sudah ada sejak era computer gaming yang pertama. Kemudian ketika Playstation 2 berjaya, franchise ini dihidupkan kembali ke dalam bentuk tiga dimensi dengan keunikan gameplay di dalamnya. Menggunakan Sands of Time ketika memainkan game ini untuk pertama kalinya memberikan pengalaman yang unik dan berbeda, yang belum pernah didapatkan di game lain. Dengan mengusung action-platform, game ini meraih sukses luar biasa hingga sekarang.
Tapi tahukah Anda bahwa kesuksesan ini terjadi karena tim pengembang berhasil menghindari salah satu blunder terbesar yang mungkin saja berdampak fatal franchise ini?
Art Director dari Deus EX : Human Revolution, Jonathan Jacques-Belletête yang pernah memimpin tim kecil di Ubisoft, developer franchise Prince of Persia, mengatakan bahwa tim-nya pernah diminta untuk membuat sebuah game Prince of Persia yang bersettingkan dunia modern setelah kiamat yang penuh dengan padang pasir disana-sini.
“Mirip dengan film Day After Tomorrow, tetapi semua salju di film itu digantikan dengan pasir dan sebagainya itu..”, Jacques-Belletête menjelaskan. Itu semua karena Ubisoft sebagai pihak developer menginginkan sesuatu yang berbeda untuk game ini. Tetapi untungnya konsep ini dibatalkan dan digantikan dengan Prince of Persia yang dirilis tahun 2008 silam.
Prince of Persia dengan setting dunia yang hancur? Jika masih memaksakan nama “Prince of Persia” ke dalamnya mungkin akan terasa aneh, tetapi cukup memancing rasa penasaran juga. Seperti membayangkan Desmond dari Assassin Creed yang melakukan keahliannya di masa depan.
Ubisoft, saya pribadi akan senang sekali melihat Prince of Persia versi reboot masa depan seperti halnya yang terjadi dengan Dante dari Devil May Cry sekarang. Semoga proyek ini dihidupkan kembali!