in: News | September 26, 2010 | by: Deliusno

Serangan Spam Terus Meningkat

Pesan spam setiap bulannya terus saja meningkat. Begitulah salah satu analisis dari tim pengamat keamanan Symantec. Spam menyumbang 92.51% dari keseluruhan traffic e-mail di bulan Agustus, bila dibandingkan dengan 91.89% di bulan Juli.

Di bulan Juli lalu, terjadi peningkatan malware spam. Serangan sempat berhenti selama sebulan, tetapi kembali datang dan merupakan salah satu ancaman terdepan. Volume malware spam meningkat 3 kali lipat dan spam dalam bentuk lampiran .zip mengalami peningkatan 4 kali lipat dari bulan sebelumnya. Selain lampiran dalam bentuk .zip, muncul juga lampiran dalam bentuk .html. Lampiran .html tersebut berisikan javascript yang diatur sedemikian rupa agar dapat merusak.

Dari mana sajakah asal spam tersebut? Area EMEA (Europe, Middle East and Africa)terus mengalami penurunan di Agustus, dengan hanya mengirim 43,17% spam. Berarti ada penurunan lebih dari 5% sejak Juni lalu, yaitu sebesar 48.97%.  Amerika Utara mengisi kekurangan tersebut dengan mengirim 25,78% spam di Agustus, dibandingkan dengan 20,49% di Juni. Amerika Latin dan kawasan APJ (Asia Pacific and Japan) tidak mengalami perubahan pada periode yang sama.

Secara keseluruhan pesan phising meningkat 11% di Juli.  Penambahan ini sebagian besar disebabkan adanya peningkatan serangan toolkit secara otomatis.    Situs web yang dibuat dengan toolkit otomatis meningkat sebanyak 92%. URL unik mengalami sedikit peningkatan sebanyak 3% dan situs web dengan IP domain (contoh, domain seperti http://255.255.255.255) meningkat signifikan sebanyak 147%.  Layanan webhosting menyumbang 14% dari keseluruhan phising atau mengalami peningkatan sebesar 1% dibandingkan bulan sebelumnya.  Jumlah situs phising non-Bahasa Inggris mengalami sedikit peningkatan sebesar hampir 1%. Diantara situs phising non-Bahasa Inggris, situs dalam bahasa Prancis dan Italia tetap tinggi di bulan Agustus.

Bagaimana dengan bulan-bulan berikutnya? Apakah serangan spam akan terus meningkat? Kita tunggu saja.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES