in: News | September 2, 2010 | by: Deliusno

Streaming Film HD Mudah dan Murah Lewat Apple iTV

Selain iOS, iPod, dan iTunes baru, Apple juga mengumumkan iTV, sebuah produk baru Apple yang mengizinkan penggunanya untuk menonton video HD secara streaming. Produk ini merupakan kelanjutan dari Apple TV.

iTV memiliki ukuran 4x lebih kecil jika dibandingkan dengan Apple TV. Warnanya hitam dan bentuknya kotak. Di bagian atas casing, terdapat logo Apple dan tulisan “TV”. Di bagian belakang produk ini, terdapat konektor HDMI, USB, Optical Audio, dan Ethernet. Selain itu, disediakan juga perangkat WiFi 802.11n.

Apple membuang media penyimpanan di iTV. Saat ini, jika seseorang ingin menyaksikan sebuah konten yang ada, dia harus menyewa konten tersebut dari beberapa penyedia jasa yang akan ditunjuk nantinya.

Saat ini, sudah ada dua penyedia konten yang siap menghadirkan video HD untuk para pengguna iTV. FOX dan ABC siap menghadirkan konten TV dengan kualitas HD dengan harga USD 99 sen atau nyaris USD1. Sedangkan untuk konten HD Movie, pengguna harus rela merogoh kocek hingga USD4.99. Layanan lain seperti Netflix, YouTube, Flickr, dan Mobile Me juga tersedia melalui iTV. Di bagian katalog film yang akan disewa, pengguna juga akan menemukan sebuah review singkat dari Rotten Tomatoes.

Apple memperkenalkan feature AirPlay untuk iPad di iOS 4.2. Di feature tersebut, Apple mengizinkan penggunanya untuk melakukan streaming video dan audia melalui koneksi WiFi. Feature tersebut juga dapat berfungsi di iTV. Pengguna dapat menonton konten yang ada di iPad melalui iTV.

iTV akan mulai tersedia 4 minggu lagi. Anda sudah dapat melakukan pre-order di Apple Shop dengan harga yang relatif murah, yaitu USD99.

Mungkin sebagian besar dari Anda belum pernah mendengar mengenai Apple TV sebelumnya. Memang perangkat ini tidak begitu menjadi fenomena tersendiri seperti saudara-saudaranya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan produk ini tidak bisa menjadi besar, setidaknya menurut pendapat Apple. Ternyata orang-orang lebih suka melihat produk dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, mereka juga tidak ingin mengatur isi yang ada di dalam media penyimpanan. Beberapa faktor tersebutlah yang membuat Apple untuk mendesain dan meluncurkan iTV.

Image courtesy of Apple Store

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES