VLC for iPad: Mengecewakan

Reading time:
September 21, 2010

Mendekati enam bulan hadirnya Apple iPad, tablet computer yang berhasil mencuri perhatian banyak orang, masih belum ada solusi elegan untuk memutar video pada alat ini. Aplikasi video bawaan dari Apple memiliki banyak sekali limitasi dan cenderung memaksa pengguna untuk mengconvert video ke format dan resolusi tertentu. Tidak ideal jika Anda baru mentransfer banyak video dari kamera Anda.

vlc

CineXPlayer adalah aplikasi pertama yang sukses menangani masalah ini. Aplikasi ini dapat memutar banyak format video, termasuk DivX/XVid, dengan baik. Namun kabar buruknya, aplikasi ini tidak lagi gratis. Kabar baiknya, Applidium baru saja meluncurkan aplikasi VLC Media Player untuk iPad. VLC adalah player multi format yang populer bagi pengguna OS-X, dan kini tersedia untuk iOS iPad. Namun, kabar buruknya lagi, VLC untuk iPad masih belum berfungsi sesuai harapan. Simak review singkat kami.

Kemudahan Penggunaan

small2010 09 21 144111

Seperti halnya aplikasi iPad lain, VLC for iPad tidak sulit digunakan. Setelah diunduh melalui iTunes dan terinstalasi dalam iPad Anda, Anda dapat menggunakan area file transfer untuk mengkopi video ke dalam iPad. Kecepatan transfer sedikit lebih pelan dibandingkan dengan CineXPlayer atau USB Disk.

Tampilan

smallIMG 0038

Tampilan VLC for iPad sangat bagus. Setelah video masuk, maka aplikasi akan menampilkan video berupa thumbnail dengan informasi judul video, durasi, ukuran file, dan resolusi video. Namun, meskipun tampilan ini baik, tetapi ternyata dapat menimbulkan masalah (baca lebih lanjut).

Kompatibilitas & Kualitas

smallIMG 0040
  • File .MTS: File ini adalah encapsulation yang digunakan banyak camcorder HD dengan bitrate tinggi. File ini tidak dikenali samasekali dan tidak muncul dalam thumbnail.
  • File .MKV: File yang kami coba adalah file MKV dengan kompresi x264 dan resolusi 1280×720 pixel. Dalam percobaan kami, tipe file ini (kami mencoba dua file berbeda) membuat VLC crash saat mencoba men-generate thumbnail. Jika Anda terlanjur mengkopi tipe file bermasalah ke dalam VLC, maka VLC tak akan dapat digunakan sampai file tersebut dihapus.
  • File .MP4 HD: File yang kami coba adalah file MP4 hasil rekaman Sony Cyber-shot TX5 dengan resolusi 1280×720 pixel. Sebelum playback VLC akan menampilkan warning seperti di atas. Jika kita memaksa melanjutkan, maka playback video sangat terpatah-patah, bahkan terhenti samasekali. Hal ini mengecewakan karena file yang sama dapat diputar dengan baik oleh aplikasi cuma-cuma USB Disk.
  • File .MOV HD: File yang kami coba adalah file MOV hasil rekaman Canon SX210 dengan resolusi 1280×720 pixel dan kompresi H.264. Sama seperti file HD sebelumnya, VLC akan menampilkan warning dan memutar dengan terpatah-patah jika dipaksa. File yang sama juga dapat diputar dengan baik oleh aplikasi USB Disk.
  • File .MP4: File yang kami coba adalah file MP4 resolusi 850×480 pixel yang diunduh dari TED.com. File ini dapat diputar tanpa masalah di banyak aplikasi lain, tetapi playback dalam VLC terpatah-patah.
  • File .AVI: File AVI dengan kompresi XVid dapat diputar dengan baik, sama seperti pada CineXPlayer.
  • AC3 support: File AVI dengan kompresi XVid dan audio AC3 dapat diputar dengan baik. CineXPlayer masih belum mendukung AC3 sampai saat ini.

Feature Playback

IMG 0042

Tampilan dan control saat playback tidak jauh berbeda dengan video player lain. Saat Anda keluar di tengah-tengah playback untuk berganti aplikasi atau berganti video, VLC mengingat titik terakhir playback sehingga kapanpun Anda kembali ke video tersebut, Anda akan dibawa ke titik terakhir Anda menonton. Namun, Anda tak dapat menghapus video dari dalam aplikasi VLC sendiri, seperti yang dapat dilakukan dalam player lain. Satu-satunya cara menghapus video adalah dengan melalui iTunes.

Kesimpulan

VLC for iPad yang merupakan hasil porting dari codec OSX oleh developer Applidium masih belum memenuhi kebutuhan kami sebagai video player. Aplikasi ini cukup baik dalam memutar video standard definition, tetapi dapat dikatakan useless untuk video HD. Selain itu, kompatibilitas dan stabilitas masih bermasalah. Padahal, iPad sendiri memiliki kemampuan untuk memutar video HD, seperti yang telah ditunjukkan beberapa aplikasi lain. Karena VLC ini masih versi awal, kami berharap banyak perbaikan di versi-versi berikutnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…