in: Features | October 26, 2010 | by: Pladidus Santoso

6 Sumber Informasi Online untuk Waspadai Kemacetan

Kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta memang sudah memasuki tahap yang sulit lagi untuk ditoleransi. Perjalanan yang seharusnya singkat menjadi perjalanan yang menempuh waktu yang sangat lama dan menguras energi. Kejadian yang sama terus-menerus terjadi setiap hari tanpa terlihat ada arah untuk sebuah manajemen transportasi yang lebih baik. Lihat saja bagaimana kemacetan pada malam 25 Oktober 2010 kemarin yang sempat membuat beberapa anggota dari tim Jagat yang akhirnya memutuskan untuk tidak “keluar kandang” dari kantor.

Salah satu alternatif terbaik bagi kita sebenarnya adalah berusaha mengumpulkan informasi yang cukup sebelum memutuskan untuk menerobos sebuah kemacetan panjang atau tidak, atau mungkin mencari jalan alternatif pulang yang jauh lebih cepat dan lancar dibandingkan dengan jalan yang biasa kita tempuh. Dan untungnya teknologi internet menyediakan keseluruhan informasi tersebut. Walaupun informasi ini tidak otomatis menghilangkan kemacetan secara keseluruhan, tetapi setidaknya membantu Anda menghemat energi dengan mengatur strategi sebelum menempuh perjalanan. Ada enam sumber informasi yang menurut kami adalah sumber informasi lalu lintas yang reliabel yang dapat dijadikan rujukan.

Melalui Situs

1. Lewatmana.com


Lewatmana sendiri menyajikan video dan gambar yang cukup terupdate dari beberapa titik pemasangan CCTV di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Anda dapat menjadikan referensi situs ini untuk menentukan jalur yang anda lalui.

2. Macetlagi.com


Sama seperti halnya lewatmana, macetlagi.com juga menyediakan fasilitas streaming kondisi jalan terkini pada beberapa titik di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya.

3. TMC Polda Metro Jaya


Sudah pasti situs ini dapat menjadi sumber yang paling reliable dan valid untuk melihat kondisi jalan terkini. TMC Polda Metro Jaya juga terkadang memuat berita tentang kejadian-kejadian yang membuat kemacetan dapat bertambah semakin parah seperti kecelakaan atau pohon tumbang.

Melalui Smartphone

4. Yoyo


Yang saya perlihatkan di sini aplikasi Yoyo versi Blackberry. Dengan kerja samanya dengan macetlagi.com, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat situasi jalan terkini melalui CCTV yang sama dengan yang dapat Anda lihat di macetlagi.com. Jika dilihat dari keterangan ketika kita mulai melakukan streaming pada video, sepertinya aplikasi ini sudah mendukung penuh BIS (Blackberry Internet Service) sehingga jika Anda berlangganan paket data – Anda tidak perlu lagi mengorbankan pulsa.

5. Foyage


Foyage sebenarnya merupakan aplikasi mumpuni yang dikembangkan untuk memudahkan Anda mencari tempat publik di sekitar posisi Anda ketika mengaktifkan Foyage. Traffic update pada aplikasi ini berbasis komunitas, artinya, informasi datang dari berbagai user yang melakukan update berita beserta foto, semacam forum. Foyage akan memilah mana traffic update yang terdekat dengan posisi Anda berdiri sekarang. (Catatan : Selama dua hari terakhir ini saya mencoba melakukan traffic update dengan aplikasi di Blackberry, hasilnya selalu error – belum diketahui sebabnya)

Sosial Media

6. Info Lalu Lintas (@infoll)

Bila Anda menggunakan Twitter, jangan lupa untuk follow @infoll. Infoll atau Info Lalu Lintas merupakan account twitter yang berisi informasi/pertanyaan keadaan lalu lintas, khususnya di Ibukota Jakarta. Informasi lalu lintas dari @infoll ini mengambil bentuk “dari dan untuk pengguna”. Semua informasi berasal dari follower @infoll yang memberi informasi dengan mengirimkan pesan ke account @infoll. Umumnya informasi dari @infoll tergolong akurat.

Bila Anda tidak menggunakan Twitter, Anda tetap dapat melihat informasi terbaru dari @infoll dengan mengunjungi websitenya. Pada website tersebut, mereka telah merangkum informasi terbaru dari pengguna @infoll.

Dengan menggunakan sumber informasi di atas Anda akan lebih punya banyak pilihan tentang jalan alternatif untuk menghindari macet. Bahkan menjadi acuan untuk memutuskan apakah Anda akan pulang atau menunggu sebentar hingga lalu lintas menjadi sedikit lebih lancar. Selamat mencoba!

Tags: