6 Sumber Informasi Online untuk Waspadai Kemacetan

Reading time:
October 26, 2010

Kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta memang sudah memasuki tahap yang sulit lagi untuk ditoleransi. Perjalanan yang seharusnya singkat menjadi perjalanan yang menempuh waktu yang sangat lama dan menguras energi. Kejadian yang sama terus-menerus terjadi setiap hari tanpa terlihat ada arah untuk sebuah manajemen transportasi yang lebih baik. Lihat saja bagaimana kemacetan pada malam 25 Oktober 2010 kemarin yang sempat membuat beberapa anggota dari tim Jagat yang akhirnya memutuskan untuk tidak “keluar kandang” dari kantor.

Salah satu alternatif terbaik bagi kita sebenarnya adalah berusaha mengumpulkan informasi yang cukup sebelum memutuskan untuk menerobos sebuah kemacetan panjang atau tidak, atau mungkin mencari jalan alternatif pulang yang jauh lebih cepat dan lancar dibandingkan dengan jalan yang biasa kita tempuh. Dan untungnya teknologi internet menyediakan keseluruhan informasi tersebut. Walaupun informasi ini tidak otomatis menghilangkan kemacetan secara keseluruhan, tetapi setidaknya membantu Anda menghemat energi dengan mengatur strategi sebelum menempuh perjalanan. Ada enam sumber informasi yang menurut kami adalah sumber informasi lalu lintas yang reliabel yang dapat dijadikan rujukan.

Melalui Situs

1. Lewatmana.com

lewatmana1

lewat mana 1

Lewatmana sendiri menyajikan video dan gambar yang cukup terupdate dari beberapa titik pemasangan CCTV di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Anda dapat menjadikan referensi situs ini untuk menentukan jalur yang anda lalui.

2. Macetlagi.com

macetlagi

Sama seperti halnya lewatmana, macetlagi.com juga menyediakan fasilitas streaming kondisi jalan terkini pada beberapa titik di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya.

3. TMC Polda Metro Jaya

tmc polda metro jaya

Sudah pasti situs ini dapat menjadi sumber yang paling reliable dan valid untuk melihat kondisi jalan terkini. TMC Polda Metro Jaya juga terkadang memuat berita tentang kejadian-kejadian yang membuat kemacetan dapat bertambah semakin parah seperti kecelakaan atau pohon tumbang.

Melalui Smartphone

4. Yoyo

yoyo

Yang saya perlihatkan di sini aplikasi Yoyo versi Blackberry. Dengan kerja samanya dengan macetlagi.com, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat situasi jalan terkini melalui CCTV yang sama dengan yang dapat Anda lihat di macetlagi.com. Jika dilihat dari keterangan ketika kita mulai melakukan streaming pada video, sepertinya aplikasi ini sudah mendukung penuh BIS (Blackberry Internet Service) sehingga jika Anda berlangganan paket data – Anda tidak perlu lagi mengorbankan pulsa.

5. Foyage

foyagefoyage traffic update

Foyage sebenarnya merupakan aplikasi mumpuni yang dikembangkan untuk memudahkan Anda mencari tempat publik di sekitar posisi Anda ketika mengaktifkan Foyage. Traffic update pada aplikasi ini berbasis komunitas, artinya, informasi datang dari berbagai user yang melakukan update berita beserta foto, semacam forum. Foyage akan memilah mana traffic update yang terdekat dengan posisi Anda berdiri sekarang. (Catatan : Selama dua hari terakhir ini saya mencoba melakukan traffic update dengan aplikasi di Blackberry, hasilnya selalu error – belum diketahui sebabnya)

Sosial Media

6. Info Lalu Lintas (@infoll)

infoll

Bila Anda menggunakan Twitter, jangan lupa untuk follow @infoll. Infoll atau Info Lalu Lintas merupakan account twitter yang berisi informasi/pertanyaan keadaan lalu lintas, khususnya di Ibukota Jakarta. Informasi lalu lintas dari @infoll ini mengambil bentuk “dari dan untuk pengguna”. Semua informasi berasal dari follower @infoll yang memberi informasi dengan mengirimkan pesan ke account @infoll. Umumnya informasi dari @infoll tergolong akurat.

Bila Anda tidak menggunakan Twitter, Anda tetap dapat melihat informasi terbaru dari @infoll dengan mengunjungi websitenya. Pada website tersebut, mereka telah merangkum informasi terbaru dari pengguna @infoll.

Dengan menggunakan sumber informasi di atas Anda akan lebih punya banyak pilihan tentang jalan alternatif untuk menghindari macet. Bahkan menjadi acuan untuk memutuskan apakah Anda akan pulang atau menunggu sebentar hingga lalu lintas menjadi sedikit lebih lancar. Selamat mencoba!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…