LOGO

Acer Aspire 5745DG: Notebook Entertaiment dengan 3D Vision

Part: 1 2 3 4

Notebook apa yang Anda inginkan? Hal ini sering saya tanyakan kepada beberapa teman ketika sedang ngopi-ngopi di sore hari di sebuah coffee shop. Kebanyakan menjawab membutuhkan notebook yang bisa dipakai untuk bekerja dan bermain game 3D dengan cukup baik, mempunyai bentuk yang ergonomis ( layar yang tidak kecil dengan keyboard yang nyaman), dan bisa dipakai untuk memutar film HD 720/1080P. Saat itu juga saya tanyakan bagaimana bila semuanya itu dapat dipenuhi dengan bonus dapat menonton film 3D dan kemampuan bermain game yang baik? Teman-teman saya langsung bertanya dengan nada kurang percaya, “menonton film 3D?”.

Saat ini, menonton film 3D pada sebuah notebook bukan lagi hanya sebuah mimpi karena Acer telah meluncurkan notebook Acer Aspire 5745DG yang telah dilengkapi NVIDIA 3D Vision dalam paket penjualannya. Sebenarnya, saya pribadi pernah mencoba notebook Acer seri sebelumnya yang menggunakan 3D tetapi sepertinya tidak populer dan populasinya tidak banyak sehingga kurang banyak dikenal. Acer Aspire 5745DG masuk dalam jajaran kelas notebook entertaiment dengan finishing piano dan garis horizontal tipis berwarna abu-abu di penutup layar LCD-nya. Dimensi notebook ini tergolong bongsor karena penggunaan layar glossy sebesar 15.6″ 120Hz. Ukuran tersebut menyesuaikan bentuk keyboard yang didesain full layaknya keyboard desktop. Walau begitu, notebook ini memiliki bobot yang kurang lebih sama dengan notebook pada umumnya. Untuk sumber tenaga, Acer Aspire 5745DG menggunakan prosesor Intel core i7 740 Quad mobile. Itu berarti Anda mempunyai prosesor dengan empat core HT (total delapan thread), jumlah yang cukup banyak untuk sebuah notebook. Untuk kapasitas hard disk, Acer Aspire 5745DG memberi ruangan sebesar 640 GB! Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat menyimpan berbagai multimedia yang siap menghibur Anda di mana dan kapan saja.

Spesifikasi yang tertera pada sticker.

Bila Anda perhatikan spesifikasi di atas, ada teknologi baru yang tertanam di dalamnya. Acer Aspire 5745DG menggunakan graphics NVIDIA Fermi versi mobile seri GT425M yang mendukung DX11 dan telah dibahas sebelumnya oleh rekan saya di artikel NVIDIA GT 425M – Fermi Untuk Notebook (English Version). Selain itu, rekan saya lainnya juga telah melakukan overclocking graphics NVIDIA GT425M ini pada artikel Overclocking Graphics Notebook: NVIDIA GT425M. Bila Anda penasaran dengan kinerja graphics card tersebut, Anda dapat membaca lebih lanjut pada dua artikel tersebut.

Sensasi yang diberikan NVIDIA 3D Vision pada notebook ini kurang lebih sama dengan saat Anda menonton film layar lebar di bioskop. Segalanya menjadi lebih nyata dan tata suara yang dihasilkannya pun berasal dari Dolby Home Theater. Sayangnya, media player yang disertakan kurang dapat digunakan untuk memutar film dengan codec tertentu. Dengan adanya NVIDIA 3D Vision, Anda dapat bermain game secara 3D. Tetapi, ketika kami mencobanya, kinerja atau FPS yang didapat ternyata turun drastis mencapai kisaran 50%. Hal ini terjadi karena hardware harus melakukan prosesing dua kali untuk menghasilkan dua layer agar gambar 3D dapat tampil dengan prima.

Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top