LOGO

Android Bukan Open Source Murni

Steve Jobs sebelumnya pernah mengungkapkan bahwa Android bukanlah OS mobile yang menganut prinsip open source. Sayangnya, hal ini dianggap sebagai legitimasi dari Steve Job akan iOS-nya. Kini pernyataan tersebut kembali dimunculkan oleh seorang developer Facebook, Joe Hewitt. Joe Hewitt mengatakan ” Android tidak seterbuka yang orang banyak katakan. Hal ini terasa seperti membunuhku. Dengan konsep open saat ini beserta segala peraturannya.”

Hewitt nampaknya mengatakan bahwa Android sama seperti iOS. Ia juga menambahkan ”Android sama saja dengan iOS bagi saya. Open source artinya berbagi kontrol dengan komunitas, bukannya menunjukkan kemudian memerintahkan.” Pernyataan dari pengembang Facebook ini memiliki argumentasi yang kuat mengenai konsep Android.

Joe Hewitt juga menambahkan pendapatnya mengenai kesuksesan Android, ”Ini sudah sangat jelas buat saya mengapa Android meraih sukses begitu besar. Hal ini karena Google memberikan seluruh keinginan dari apa yang telah dipinta oleh pihak penyedia layanan seluler. Hal ini dilakukan oleh Google untuk dapat bersaing dengan iPhone. Sementara saya sendiri mengkritik Google karena telah mengkompromikan Android untuk menyenangkan provider’.

Dengan semua pernyataan dari Joe Hewitt dapat dilihat usaha Google begitu keras untuk mempopulerkan Android di pasar gadget. Dengan pernyataan dari Joe Hewitt ini mengenai Android bukan sebagai open source murni, apakah Anda masih menganggap Android sehebat itu? Ataukah status Android tersebut tidak berpengaruh apapun? Semuanya kembali kepada Anda.

Random Articles
Back to Top