in: News | October 28, 2010 | by: Pladidus Santoso

China Memegang Rekor Superkomputer Tercepat di Dunia

Jika kita sedang membicarakan negara yang paling cepat berkembang dan maju, maka kita pasti sedang membicarakan China. Negara Asia Timur dengan luas negara terbesar dan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini memang sedang mengalami lompatan ekonomi yang fantastis, membuatnya menjadi salah satu negara adikuasa yang menyaingi Amerika Serikat. Walaupun demikian, China sendiri masih berusaha membuktikan kekuatannya kepada dunia, memberikan sinyal bahwa mereka tidak main-main.

China juga baru saja menoreh sebuah prestasi mengagumkan untuk membuktikan kedigdayaan dan kemajuan teknologi yang sedang mereka pacu, yakni keberhasilan untuk merakit sebuah superkomputer yang tercepat di seluruh dunia. Perkenalkan Tianhe-1A, sebuah bukti kemajuan teknologi yang selama ini berusaha dibuktikan oleh China.

Superkomputer ini berhasil memecahkan rekor dengan membuktikan kemampuannya untuk melakukan operasi  hingga 2,507 petaflops yang diukur oleh LINPACK benchmark. Tianhe 1-A sendiri dibentuk dengan memadukan GPU parallel dan CPU multi-core dalam jumlah yang sangat banyak.

Tercatat superkomputer ini didukung oleh 7.168 NVIDIA® Tesla™ M2050 GPUs dan 14.336 CPU Intel Xeon. Benar-benar sebuah jumlah yang sangat masif. Bahkan untuk memastikan superkomputer ini bekerja, tenaga listrik sebesar 4 Megawatt dibutuhkan untuk memberikan tenaga padanya.  Kombinasi GPU dan CPU ini dipercaya menambahkan efek peningkatan yang signfikan dari segi performa, ukuran, dan tenaga dibandingkan superkomputer dengan pola penyusunan konvensional.

Superkomputer yang dirancang dan dibangun oleh National University of Defense Technology (NUDT) di China ini sendiri sudah siap untuk dioperasikan secara penuh. Tianhe-1A ini direncanakan akan digunakan untuk memproses data-data ilmiah dan diharapkan dalam memberikan hasil yang lebih cepat, tepat, dan tanpa batas.

China sekali lagi membuktikan kedigdayaannya kepada dunia, bahwa negara mereka tidak boleh dipandang sebelah mata. Bagaimana dengan Indonesia? Dengan sumberdaya manusia cerdas yang cukup banyak tersebar di seluruh negari, bukan tidak mungkin jika suatu saat kita akan membangun superkomputer kita sendiri, dan menjadi tercepat di seluruh dunia. Tidak ada yang tidak mungkin dengan kerja keras.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES