in: News | October 6, 2010 | by: Patrick

Google Maps: Peta Komprehensif Google Untuk Indonesia

Ingin mencari jalan tercepat dari tempat Anda ke pusat kota Jakarta? atau Anda ingin mengetahui cafe/restoran apa saja yang ada di dekat Anda. Google Maps bisa menjawab hal tersebut.

Google Maps merupakan layanan web milik Google yang menyediakan pencarian peta online, informasi jalan, serta berbagai data geografis lainnya. Hari ini, Google Maps untuk Indonesia resmi diperkenalkan kepada publik. Layanan web ini selain menyediakan platform pencarian geografis lokal, juga menyediakan informasi lokal lain seperti keadaan jalan, panduan arah berkendara, ataupun direktori bisnis yang cukup lengkap. Layanan Google Maps ini dapat diakses lewat alamat http://maps.google.co.id

Sebelumnya, Google Maps sudah cukup populer digunakan di Indonesia. Umumnya para pengguna Google Maps menggunakan layanan ini untuk mencari letak alamat tempat tertentu. Dengan adanya Google Maps versi Indonesia ini pengguna Google Maps diberikan beberapa feature baru yang terkait dengan informasi-informasi lokal.

Untuk memperkaya informasi lokal yang ada di Maps tersebut, Google bekerja sama dengan perusahaan lokal seperti Urbanesia.com dan LewatMana.com. Khusus untuk direktori restoran, tempat berbelanja, cafe, Google Maps telah didukung konten-konten dari Urbanesia.com. Sedangkan LewatMana.com memberikan kontribusi proses monitoring pada titik-titik kemacetan Jakarta lewat webcam mereka yang disisipkan pada Google Maps.

Andrew McGlinchey, Product Manager, Google Southeast Asia dalam acara peluncuran Google Maps ini menjelaskan “Peluncuran Google Maps Indonesia hari ini merupakan sebuah langkah maju yang menarik dalam membantu pengguna Indonesia untuk secara cepat dan mudah menemukan informasi lokal yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari”.

Google juga menyediakan versi mobile dari Google Maps Indonesia. Versi mobilenya ini diharapkan dapat membantu pengguna mencari arah ataupun melihat lokasi menarik (restoran/cafe/bioskop) yang ada di sekitar pada saat ia sedang mobile. Aplikasi mobile ini dapat di-download gratis untuk berbagai platform mobile di http://m.google.co.id/maps

Tags: