in: News | October 16, 2010 | by: Pladidus Santoso

Handset Touch-Screen Berpotensi Menularkan Penyakit

Jika kita membicarakan salah satu tren teknologi handset yang sedang berkembang belakangan ini, maka tidak bisa dibantah pergeseran dari keypad fisik menjadi keypad virtual dengan bantuan touch-screen memang sesuatu yang tidak bisa dipungkiri. Kita sendiri bisa melihat bagaimana handset touch-screen begitu mendominasi pasar dan dianggap sebagai ikon yang mewakili handset berteknologi tinggi. Tetapi ternyata penelitian medis membuktikan bahwa teknologi ini tidak hanya akan membuat Anda tampak lebih stylish, tetapi juga rentan sakit. Mengapa?

Anda yang sekarang ini sedang memegang handset yang mengusung teknologi touch-screen mungkin mulai harus berhati-hati dan was-was karena ada masalah kesehatan yang dipertaruhkan di atasnya. Bukan masalah teknis atau radiasi yang akan menghantui Anda, tetapi masalah klasik dengan bakteri dan virus yang akan membuat Anda berpikir ulang untuk tidak menghiraukan kebersihan gadget touch-screen Anda.

Salah satu mahasiswa doktoral, Timothy Julian, dari Stanford University –  salah satu universitas terkemuka dan terkenal di dunia – yang sedang meneliti tentang pola penyebaran virus mengemukakkan tentang potensi bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh teknologi touch-screen. Media display tersebut memiliki potensi untuk menularkan kuman penyakit dan virus dengan probabilitas yang cukup tinggi. Jika seseorang dengan penyakit flu, meminjam dan menggunakan touch-screen gadget Anda, maka ada probabilitas setinggi 30% bahwa virus yang menempel di layar tersebut dapat pindah ke tangan Anda secara langsung. Dan dengan sedikit sentuhan jari di hidung dan antibodi yang sedikit melemah, Anda mendapatkan sebuah kado indah, Penyakit.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris juga sempat menyatakan bahwa telepon genggam kita memiliki kuman dengan jumlah 18 kali lebih banyak dibandingkan dengan tombol flush di toilet. Menyeramkan? Kedengarannya memang iya. Tetapi menurut saya pribadi, kuman penyakit memang bisa menyebar melalui media apa saja, tidak selalu spesifik. Yang bisa dilakukan hanya memastikan kebersihan, itu saja.

Tetapi setidaknya bagi Anda yang memiliki gadget high-tech dengan feature touch-screen seperti tablet komputer yang sedang marak akhir-akhir ini, sebuah alasan ekstra untuk tidak meminjamkannya kepada orang lain.

Source : SacBee

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES