in: News | October 26, 2010 | by: Pladidus Santoso

Nintendo: Apple Merupakan Saingan Terberat Kami

Apple memang merupakan sebuah perusahaan manufaktur gadget-gadget terkini yang mampu menghadirkan kualitas dan feature device yang mumpuni. Dengan menghadirkan seri “i” nya yang fenomenal, Apple menggabungkan berbagai fungsi multimedia seperti musik, gambar, dan game ke dalam satu gadget genggam yang apik. Hal seperti ini sementara ini baru mampu dicapai oleh pelaku industri game yang memang berfokus untuk membuat gadget game seperti Nintendo atau Sony. Dengan handheld gaming portable yang mereka luncurkan, fungsi multimedia yang compact menjadi mungkin.

Nintendo merupakan salah satu manufaktur handheld besar sejak zaman dahulu. Dimulai dari Game Boy dan berkembang hingga gadget berteknologi tinggi, Nintendo 3DS, Nintendo telah menjual handheld game dengan jumlah yang sangat masif. Nintendo sendiri masih mendominasi pasar game di Jepang dengan handheldnya ini. Dengan begitu banyak pesaing di bisnis ini, siapa yang menurut Nintendo merupakan saingan terberat mereka?

Ternyata bukan Sony atau Microsoft yang sama-sama bergerak di industri game yang menjadi rival terberat mereka, melainkan Apple dengan gadget iPhone dan iPad nya. Presiden dari Nintendo Amerika sendiri, Reggie Fils-Aime mengakui hal tersebut pada majalah Forbes.

Fils-Aime mengatakan bahwa walaupun jumlah penjualan Sony dan Microsoft digabungkan sejak tahun 2009 belum akan dapat mengalahkan tingkat penjualan device Nintendo yang sudah mencapai sekitar 20 juta unit. Tetapi fakta yang mengejutkan muncul ketika melihat bagaimana device buatan Apple mulai bergerak dengan tingkat penjualan yang fantastis.

Apple sendiri sudah menjual kurang lebih 14,1 juta unit iPhone dalam kurun waktu ini dan lebih berpotensi mengancam dominasi Nintendo dibandingkan Sony atau Microsoft, aku Fils-Aime. Apakah kemudian Nintendo gentar? Sepertinya tidak perlu. Statistik sendiri sudah menunjukkan bahwa 14 dari 20 game paling laris yang terjual di masa sekarang berasal dari Nintendo. Nintendo juga beralasan bahwa game-game yang diluncurkan untuk gadget seperti iPhone lebih berfokus pada game-game yang sekedar menawarkan kesenangan, sementara Nintendo benar-benar menawarkan game dengan kedalaman cerita, sistem permainan, hingga lama permainan yang jauh lebih baik.


Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES