[PR] Fujitsu Perkuat Virtualisasi Desktop dengan Portable Zero Client

Reading time:
October 22, 2010

Solusi desktop virtual seukuran saku untuk mengamankan koneksi dari mana pun

Fujitsu Portable Zero Client MZ900

JAKARTA, 21 Oktober 2010 – Fujitsu memperluas portofolio solusi virtualisasi komputasi desktop dengan meluncurkan peranti plug-and-play Portable Zero Client MZ900 yang memungkinkan pengguna mengakses desktop virtual dari komputer apapun di manapun selama bisa terhubung ke jaringan.

Solusi virtualisasi desktop Fujitsu dikenal dengan konsep infrastruktur Zero Client yang merevolusi komputer client. Dalam konsep tersebut, komputer tidak dilengkapi komponen apapun (zero) selain peranti jaringan. Walaupun nyaris tanpa komponen, kemampuannya sama dengan komputer lengkap karena didukung infrastruktur dengan teknologi virtualisasi.

Fujitsu mengembangkan infrastruktur Zero Client ini seiring dengan tren global orang bekerja dari mana saja, menggunakan peranti apa saja. Dari cara bekerja seperti itu, perusahaan menghadapi berbagai tantangan ketika menyediakan koneksi jarak jauh bagi pekerja sehingga mereka bisa terhubung dengan desktop di kantor. Untuk itulah Fujitsu mengembangkan Portable Zero Client yang berbentuk peranti memori USB. Di dalam partisi read-only USB itu terdapat peranti lunak yang berfungsi menjalin akses secara aman, mudah dan cepat ke sistem sehingga pengguna bisa log-on ke image desktop Zero Client miliknya, dari mana pun selama ada koneksi. Data-data sensitif yang sudah terenkripsi hanya bisa diakses ketika peranti ini tersambung dan mendapatkan otorisasi. Ketika dicabut, Portable Zero Client tidak meninggalkan jejak apapun di mesin host.

Lembaga riset independen Forrester menyebut Peranti Zero Client ini sebagai “tech populism” karena kemudahannya dalam mengamankan secara komprehensif koneksi sehingga memungkinkan pertukaran data sensitif.

Melalui pendekatan ini, Fujitsu memberikan semua benefit dari virtualisasi desktop sehingga perusahaan bisa menghemat banyak waktu dan sumber daya. Bagi pekerja, manfaat solusi ini adalah peningkatan produktivitas dan fleksibilitas dalam bekerja tanpa perlu membawa-bawa notebook. Portable Zero Client juga membantu organisasi melakukan migrasi ke infrastruktur Zero Client cukup dengan memanfaatkan peranti keras yang sudah mereka milik saat ini.

Fujitsu juga menuntaskan salah satu risiko terbesar yang dihadapi mobile-workforce, yakni serangan virus atau Trojan pada koneksi aman ke host machine. Melalui Portable Zero Client, jaringan korporasi terlindungi dari serangan-serangan tersebut karena tidak bisa mengubah paksa koneksi dan peranti lunak di dalamnya. Selain itu, peranti lunak dalam Portable Zero Client melakukan proses login dari partisi yang terlindungi sehingga melindungi malware di dalam mesin host.

“Para pekerja masa kini memiliki mobilitas yang semakin tinggi, menciptakan dilema bagi perusahaan untuk memilih antara membatasi akses dan mengurangi produktivitas. Untuk itulah kami mengembangkan Fujitsu Portable Zero Client yang menggabungkan keduanya – koneksi aman ke infrastruktur Zero Client yang fleksibel,” kata Achmad Sofwan, Chief Operating Officer Fujitsu Indonesia. “Kini para pekerja mobile bisa membawa desktop pribadinya di dalam saku, ke manapun mereka pergi dengan pikiran yang tenang karena data mereka terlindungi, dari manapun mereka terhubung ke jaringan.”

Portable Zero Client MZ900 akan tersedia pada Desember 2010 di kawasan Asia Tenggara. Harga berbeda-beda untuk setiap negara.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…