in: Games | October 30, 2010 | by: Pladidus Santoso

Pro Evolution Soccer 2011 Review : Sebuah Pengalaman yang Jauh Berbeda

Perbedaan Gameplay

Jika Anda seorang penggemar permainan ini sejak dulu, maka Anda akan langsung memahami apa yang coba saya sampaikan. PES 2011 bukanlah PES yang biasa, bukanlah PES yang selama ini kita mainkan, ini adalah PES yang sama sekali baru. Saya sendiri menemukan cukup banyak perbedaan PES 2011 ini dengan PES sebelumnya, dan terlihat cukup signifikan serta tentu saja mengubah cara para gamer memainkan game ini. Salah satu perbedaan yang cukup terlihat di awal permainan adalah, sistem kick-off yang berbeda.

Kali ini kick-off akan dilakukan otomatis oleh komputer tanpa menunggu command input dari Anda. Anda tidak bisa lagi mengulur-ngulur waktu seperti halnya dulu ketika Anda bermain PES yang sebelumnya. Anda juga harus langsung mengarahkan bola kick off setelah tendangan dilakukan, karena ajaibnya Anda bisa saja langsung kehilangan bola karena salah mengarahkan bola kick-off.

Pada saat permainan berlangsung, Anda akan melihat animasi gerakan pemain yang lebih halus dan natural dibandingkan versi sebelumnya. Detail juga tampak lebih baik, dengan animasi bahan pakaian yang lebih jelas terlihat. Dan ketika saya melakukan passing untuk pertama kali, betapa terkejutnya saya karena sebuah sistem permainan baru tampaknya dimasukkan ke dalam PES 2011 ini.

Ketika saya melakukan passing, saya melihat ada bar kekuatan yang muncul di bawah kaki pemain. Bar kekuatan yang mungkin dulu hanya kita temukan ketika melakukan shoot atau umpan lambung pada PES sebelumnya. Kini bar kekuatan itu muncul untuk hampir semua aksi tendangan yang dilakukan oleh pemain, termasuk short pass ini. Sebuah sistem baru yang akan membuat permainan jadi lebih menarik.

Penekanan arah tendangan juga memainkan posisi yang sangat penting. Jika pada PES sebelumnya, Anda cukup menekan tombol pass, dan bola akan meluncur ke pemain tim Anda yang terdekat secara otomatis, tidak pada PES 2011 ini. Menekan tombol aksi tendangan juga berarti harus menekan tombol arah kemana bola tersebut akan diarahkan. Jika Anda tidak mengarahkannya, maka bola akan bergerak tegak lurus ke arah sesuai tubuh pemain mengarah. Jadi yang harus Anda lakukan sekarang untuk memastikan bola tiba tepat di kaki pemain yang Anda tuju : Ukur bar kekuatan dan arahkan!

Bar kekuatan ini juga tidak hanya berlaku bagi short pass saja, tetapi hampir pada semua tombol aksi tendangan, termasuk tombol breakthrough pass atau one-two pass, semuanya membutuhkan bar kekuatan sekarang. Mungkin pada awal permainan, Anda akan merasa bahwa feature terbaru ini akan membuat Anda tidak nyaman dan mengharapkan sistem permainan PES sebelumnya, tetapi semakin lama Anda mencoba – semakin Anda akan jatuh cinta kepadanya. Bar kekuatan ini benar-benar memberikan Anda kesempatan untuk menjelajahi berbagai alternatif serangan yang bisa Anda pikirkan.

Mungkin dulu, Anda sering merasa kesal ketika breakthrough pass Anda dihalangi atau direbut oleh pemain lawan walaupun posisi pemain Anda benar-benar sedang bagus, dan kemudian Anda menyalahkan kemampuan AI untuk mengatur kekuatan tendangan, tetapi dengan sistem terbaru PES 2011 ini, semua kendali ada di tangan Anda. Anda memiliki kesempatan untuk memutuskan sendiri seberapa kuat Anda akan melakukan tendangan breakthrough pass.

Anda bisa sekaligus mengatur dan merencanakan apakah dengan kekuatan seperti itu , tendangan Anda akan menembus pertahanan lawan ataukah pemain Anda yang dituju akan dapat mengejarnya. Semua strategi itu dapat ditentukan langsung dari tangan Anda sendiri.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES