Pro Evolution Soccer 2011 Review : Sebuah Pengalaman yang Jauh Berbeda

Reading time:
October 30, 2010

Perbedaan Gameplay

pes2011 2010 10 28 21 35 35 31 R

Jika Anda seorang penggemar permainan ini sejak dulu, maka Anda akan langsung memahami apa yang coba saya sampaikan. PES 2011 bukanlah PES yang biasa, bukanlah PES yang selama ini kita mainkan, ini adalah PES yang sama sekali baru. Saya sendiri menemukan cukup banyak perbedaan PES 2011 ini dengan PES sebelumnya, dan terlihat cukup signifikan serta tentu saja mengubah cara para gamer memainkan game ini. Salah satu perbedaan yang cukup terlihat di awal permainan adalah, sistem kick-off yang berbeda.

Kali ini kick-off akan dilakukan otomatis oleh komputer tanpa menunggu command input dari Anda. Anda tidak bisa lagi mengulur-ngulur waktu seperti halnya dulu ketika Anda bermain PES yang sebelumnya. Anda juga harus langsung mengarahkan bola kick off setelah tendangan dilakukan, karena ajaibnya Anda bisa saja langsung kehilangan bola karena salah mengarahkan bola kick-off.

Pada saat permainan berlangsung, Anda akan melihat animasi gerakan pemain yang lebih halus dan natural dibandingkan versi sebelumnya. Detail juga tampak lebih baik, dengan animasi bahan pakaian yang lebih jelas terlihat. Dan ketika saya melakukan passing untuk pertama kali, betapa terkejutnya saya karena sebuah sistem permainan baru tampaknya dimasukkan ke dalam PES 2011 ini.

pes2011 2010 10 28 21 37 12 19 R

Ketika saya melakukan passing, saya melihat ada bar kekuatan yang muncul di bawah kaki pemain. Bar kekuatan yang mungkin dulu hanya kita temukan ketika melakukan shoot atau umpan lambung pada PES sebelumnya. Kini bar kekuatan itu muncul untuk hampir semua aksi tendangan yang dilakukan oleh pemain, termasuk short pass ini. Sebuah sistem baru yang akan membuat permainan jadi lebih menarik.

pes2011 2010 10 28 22 50 06 03 R

Penekanan arah tendangan juga memainkan posisi yang sangat penting. Jika pada PES sebelumnya, Anda cukup menekan tombol pass, dan bola akan meluncur ke pemain tim Anda yang terdekat secara otomatis, tidak pada PES 2011 ini. Menekan tombol aksi tendangan juga berarti harus menekan tombol arah kemana bola tersebut akan diarahkan. Jika Anda tidak mengarahkannya, maka bola akan bergerak tegak lurus ke arah sesuai tubuh pemain mengarah. Jadi yang harus Anda lakukan sekarang untuk memastikan bola tiba tepat di kaki pemain yang Anda tuju : Ukur bar kekuatan dan arahkan!

Bar kekuatan ini juga tidak hanya berlaku bagi short pass saja, tetapi hampir pada semua tombol aksi tendangan, termasuk tombol breakthrough pass atau one-two pass, semuanya membutuhkan bar kekuatan sekarang. Mungkin pada awal permainan, Anda akan merasa bahwa feature terbaru ini akan membuat Anda tidak nyaman dan mengharapkan sistem permainan PES sebelumnya, tetapi semakin lama Anda mencoba – semakin Anda akan jatuh cinta kepadanya. Bar kekuatan ini benar-benar memberikan Anda kesempatan untuk menjelajahi berbagai alternatif serangan yang bisa Anda pikirkan.

Mungkin dulu, Anda sering merasa kesal ketika breakthrough pass Anda dihalangi atau direbut oleh pemain lawan walaupun posisi pemain Anda benar-benar sedang bagus, dan kemudian Anda menyalahkan kemampuan AI untuk mengatur kekuatan tendangan, tetapi dengan sistem terbaru PES 2011 ini, semua kendali ada di tangan Anda. Anda memiliki kesempatan untuk memutuskan sendiri seberapa kuat Anda akan melakukan tendangan breakthrough pass.

Anda bisa sekaligus mengatur dan merencanakan apakah dengan kekuatan seperti itu , tendangan Anda akan menembus pertahanan lawan ataukah pemain Anda yang dituju akan dapat mengejarnya. Semua strategi itu dapat ditentukan langsung dari tangan Anda sendiri.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…