in: News | October 13, 2010 | by: Pladidus Santoso

TDK Mengembangkan Kepingan Disk 1 Terrabyte

Media penyimpanan data memang mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan ukuran file, terutama file multimedia yang semakin lama juga semakin besar. Media penyimpanan data yang paling kita kenal antara lain adalah harddisk dan optical disc. Kapasitas harddisk sendiri, baik harddisk internal maupun eksternal memang sudah mencapai kapasitas yang sangat besar hingga sebesar 3 TB (3.000 GB) yang memastikan kita tidak akan pusing lagi mengatur data yang masuk dan keluar. Optical disc sendiri mengalami perkembangan yang cukup lambat, berhenti pada teknologi blu-ray berkapasitas minimal 25 GB – 50 GB yang sebenarnya sudah cukup untuk menampung cukup banyak data.

Bagaimana jika saya mengatakan bahwa optical disk blu-ray akan terlihat seperti mainan jika dibandingkan dengan optical disk yang sedang dikembangkan TDK ini?

TDK, perusahaan manufaktur barang elektronik dari Jepang memperkenalkan sebuah media optical disc baru, yang secara mencenangkan, berkapasitas 1 TB (1.024 GB) atau sekitar 40 kali lipat kapasitas sebuah blu-ray standar. Disc anyar ini sendiri terdiri dari 16 layer yang masing-masing memiliki kapasitas 32 GB, bandingkan dengan teknologi disc sekarang yang kebanyakan adalah single atau double layer dan maksimal 4 layer. TDK berhasil melakukan penyatuan 16 layer ini dengan teknologi highlight transmitance.

TDK sendiri mengklaim bahwa teknologi disc nya ini sendiri memiliki ketahanan yang cukup baik dan beberapa teknologi dari blu-ray sendiri dapat diterapkan langsung di dalamnya. Satu hal yang menjadi masalah adalah penggunaan 16 layer yang membuat disc ini menjadi jauh lebih tebal dibandingkan disc pada umumnya dan tidak mungkin dimainkan dengan player yang beredar sekarang ini.

Tetapi tetap saja, sebuah optical disc 1 TB adalah sebuah pencapaian yang mengagumkan. Anda bisa bayangkan apa yang bisa dilakukan olehnya? Blu-ray PS3 yang berkapasitas 1/40 saja sudah mampu menampung data dan menghasilkan kualitas grafis dengan details yang mengagumkan. Kualitas grafis seperti apa yang bisa dicapai oleh 1 TB? Tidak terbayang. Mungkin saja kita juga tidak akan lagi menemukan sebuah disc kompilasi sekedar berisi sebuah film trilogi, tetapi  kita akan menemukan sebuah judul discUniversal Studio’s Action Movie Compilation” suatu hari nanti.

TDK sendiri sudah menyatakan bahwa pengembangan teknologi ini akan ditujukan untuk ke arah komersial. Kita tunggu saja.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES