Teknologi 3D dan Hemat Energi: Proyeksi Masa Depan dari NEC

Reading time:
October 22, 2010

Kamis, 21 Oktober, NEC mengadakan Media Gathering di resto/ lounge Immigrant, Plaza Indonesia, Jakarta. Di acara tersebut, beberapa produk menarik diperkenalkan, termasuk sebuah proyektor 3D!

President Director PT NEC Indonesia Takeshi Tsukamoto, Multimedia Product Group PT NEC Indonesia Ferry Faried, dan Deputy Manager NEC Asia Pacific Pte. Ltd, Multimedia Business Unit Eugene Low, berkesempatan hadir sebagai pembicara.  NEC juga memperkenalkan lini produk barunya di acara tersebut, yaitu seri proyektor portable NP-M230X, NP-M260X, NP-M300X, dan NP216DLP.

NEC projector all1

Seri NP-M230X, NP-M260X, dan NP-M300X adalah produk-produk proyektor portabel yang didesain agar hemat energi dan ramah lingkungan. “Proyektor seri ini mampu beroperasi dalam empat jenis mode: Normal, Auto, Eco 1 dan Eco 2. Masing-masingnya disesuaikan dengan kondisi penggunaan sehingga konsumsi daya dapat ditekan seminimal mungkin,” jelas Mr. Eugene Low di presentasinya. Mode Eco 2, yang baru diterapkan pada lini produk proyektor NEC  yang tersebut di atas, dapat memangkas penggunaan daya hingga 50% dengan mengurangi intensitas cahaya dari lampu proyektor. Untuk mempermudah pengguna dalam memilih mode operasi yang sesuai, NEC menyediakan tombol-tombol khusus untuk mengakses feature ramah lingkungan ini di tubuh proyektor. Sebagai tambahan, proyektor ini juga memiliki speaker terintegrasi berdaya 10 watt.

NEC projector NPMX300
NP-M300X, seri proyektor portabel yang ramah lingkungan dari NEC
NEC projector NPMX300 buttons
Tombol-tombol dedicated untuk mengakses fitur penghematan energi di proyektor seri NP-M300X

Seri NP216 adalah proyektor DLP yang juga menerapkan feature visualisasi citra 3D. Proyektor dengan light output sebesar 2500 ANSI lumens ini mendukung tampilan 3D dengan teknik Frame Sequential 3D dan Active 3D Stereoscopic. Pihak NEC pun memberikan kesempatan pada wartawan undangan untuk mencicipi tampilan 3D lewat proyektor NP216. Dikombinasikan dengan kacamata 3D tipe MP01GL, efek 3D yang dihasilkan lumayan terlihat nyata. Setidaknya, itulah kesan yang kami dapatkan saat mencobanya. “Efek 3D ini dapat diaplikasikan untuk beragam jenis content, mulai gambar still picture sampai film BluRay,” jelas Mr. Eugene Low pada sesi tanya jawab.

Penasaran dengan graphics card GeForce GTX 465 1GB yang digunakan untuk menampilkan gambar di proyektor tersebut, kami kemudian bertanya apabila NP216 juga mendukung teknologi visualisasi 3D dari NVIDIA. “Bisa, karena proyektor ini memiliki refresh rate hingga 120 Hz,” jawab Mr. Eugene Low. Namun, NP216 hanya bisa menampilkan gambar dengan refresh rate 120 Hz rate pada resolusi SVGA (800×600) saja. Berdasarkan keterangan dari Bapak Ferry Faried, proyektor ini akan dipasarkan dengan kisaran harga US$ 699.

NEC projector NP216
NP-M300X, seri proyektor portabel yang ramah lingkungan dari NEC
NEC projector glasses
Kacamata 3D tipe MP01GL yang dapat dikombinasikan dengan proyektor NP216 untuk menikmati tampilan efek 3D

NEC juga memperkenalkan satu lagi inovasi yang menarik, yaitu Projector Stacking. “Ini adalah setup display dengan dua hingga empat proyektor yang bekerja sama untuk menghasilkan satu tampilan gambar,” jelas Mr. Eugene Low. Dalam Projector Stacking, dua atau lebih proyektor disusun secara horizontal atau vertikal dan diarahkan pada bidang proyeksi yang sama. Kemudian, dengan bantuan sebuah USB webcam, proyeksi tampilan dari kedua proyektor tersebut disatukan secara sempurna sehingga seolah-olah datang dari satu proyektor.

Lalu? Apa keuntungan dari menggunakan dua atau lebih proyektor ini? “Inilah manfaatnya!” seru Mr. Eugene Low seraya berjalan ke depan dua proyektor yang digunakan untuk demostrasi Projector Stacking. Ajaib! Tampilan proyeksi tidak terhalang oleh bayangan tubuh Mr. Eugene! Hadirin masih dapat melihat tampilan di layar walaupun Mr Eugene berdiri di antara proyektor dan layar proyeksi. Hal ini tentu memberikan kebebasan lebih untuk presenter yang harus mondar-mandir di depan penontonnya. “Selain itu, tingkat kecerahan gambar juga otomatis naik. Dibandingkan membeli sebuah proyektor dengan light output 20.000 ANSI lumens, misalnya, akan lebih murah untuk menggabungkan beberapa proyektor untuk menghasilkan output cahaya yang sama,” tukas Mr. Eugene. Teknologi ini dapat digunakan dengan beberapa tipe proyektor NEC, diantaranya NP1250, NP2250, NP3250 dan NP3250W.

NEC projector stacking
Dua proyektor NEC ini menghasikan satu proyeksi tampilan dengan teknologi Projector Stacking, sehingga tampilan gambar dapat bertambah cerah dan tidak terhalang bayangan obyek
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…