in: Notebook / Laptop | November 20, 2010 | by: Bimanto

Acer Aspire 4738Z: Intel Dual Core Seri P Berkinerja Tinggi

Tidak lama setelah Intel meluncurkan prosesor seri Arrandale atau yang lebih kita kenal dengan seri i3, i5 dan i7 bagi kelas notebook, Intel meluncurkan prosesor seri P untuk menggantikan prosesor kelas Pentium Dual Core (PDC). Memang tidak banyak yang mengetahui tentang prosesor ini. Prosesor PDC ini menggunakan fabrikasi 32nm untuk prosesor dan 45nm untuk graphicsnya. Jadi sebenarnya prosesor seri P ini adalah sama dengan prosesor seri core i, namun tidak mempunyai hyper threading dan turbo boost. Sehingga hanya mempunyai dua thread dengan graphics Intel HD di dalam prosesor. Tetapi apakah pemangkasan Hyper Threading ini menurunkan kinerja prosesor bila dimasukkan ke dalam sebuah sistem notebook? Acer menelurkan Acer Aspire 4738Z, notebook dengan spesifikasi Intel Dual Core Seri P yang telah dijelaskan di atas. Bagaimana kinerja keseluruhan dari notebook ini? Hal ini dapat Anda temukan jawabannya di akhir review kami ini.

Bentuk casing dari notebook Acer ini sudah tidak asing lagi untuk kami. Sebelumnya kami juga pernah kedatangan notebook seperti ini namun mempunyai spesifikasi yang berbeda. Notebook ini mempunyai desain casing dengan motif bordes dengan finishing warna hitam untuk bagian belakang LCD dan bagian dalamnya. Acer Aspire 4738Z  ini menggunakan prosesor Intel seri P6100 dual core yang berjalan pada kecepatan 2GHz dengan memori DDR3 2GB sebagai sumber tenaganya.

Untuk kapasitas hrad disk Anda akan mendapatkan ruang sebesar 320GB yang siap menyimpan data dan file-file multimedia Anda. Untuk ukuran layar , Acer Aspire 4738Z  menggunakan ukuran 14″ yang dapat di setting hingga ukuran 1366×768. Penggunaan graphics Intel HD membuat notebook ini masih dapat digunakan untuk menonton film HD1080P dengan lancar. Bahkan bila Anda kurang puas, Anda dapat menyambungkan ke LCD TV yang lebih besar melalui port HDMI. Acer Aspire 4738Z ini mempunyai dimensi dan bobot yang tidak jauh berbeda dengan notebook dengan ukuran layar 14″ lainnya.

Spesifikasi yang tertera pada sticker

Kelengkapan

Tampak depan
USB2,0, Optical Drive
Power port, D-sub, Gigabit LAN, HDMI, USB2.0
Tampak Belakang
Susah melakukan upgrade notebook/hard disk karena bagian bawah tidak terbagi atas beberapa module

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat berbagai port yang diberikan, mulai dari USB2.0, HDMI dan lain sebagainya yang tersebar di bagian kiri dan kanan dari Acer Aspire 4738Z. Bila Anda ingin meng-upgrade notebook ini, baik itu mengganti kapasitas hard disk dengan yang lebih besar atau menambahkan atau mengganti memori dengan yang lebih tinggi, Anda tidak punya pilihan lain selain datang ke service center karena bagian bawah tidak terbagi atas beberapa module penutup, pada Acer Aspire 4738Z  bagian bawahnya tertutup semua dalam satu modul.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES