in: Movies | November 1, 2010 | by: Lucky Natalia

Ketahui Sejarah Kelahiran Facebook dari The Social Network

Setelah dinanti selama hampir satu tahun disertai dengan beragam respon yang mengiringi pembuatannya, The Social Network akhirnya rilis di Amerika awal Oktober lalu. Film yang bercerita mengenai awal terbentuknya Facebook ini sempat mendapatkan respon yang cukup sinis dari sang tokoh utama. Namun begitu, David Fincher dan Aaron Sorkin tetap melanjutkan proyek tersebut.

The Social Network merupakan hasil adaptasi dari buku yang berjudul The Accidentally Billionaire karangan Ben Mezrich. Sekadar informasi, Mezrich meminta Eduardo Saverin sebagai penasehat utama dalam penyusunan buku tersebut. Siapakah Eduardo Saverin? Ia adalah sahabat Zuckerberg sekaligus co-founder Facebook yang pada akhirnya berseteru dengan Zuckerberg karena merasa dicurangi oleh sahabatnya tersebut. Sampai saat ini, Saverin tetap memiliki sejumlah saham di Facebook, walaupun jumlahnya tidak sebesar sebelumnya.

Pengadaptasian dari buku yang menggunakan informasi dari sudut pandang “orang yang merasa dibuang” tersebut membuat film ini terkesan berat sebelah dan membuat Zuckerberg terlihat seperti penjahat yang sesungguhnya. Apakah Zuckerberg benar-benar sejahat itu? Fincher dan Sorkin memilih bermain aman dengan menggunakan area “abu-abu” di film ini. Tidak ada yang terlihat jahat atau baik sepenuhnya. Semua orang bertindak, berbuat kesalahan, dan memperbaikinya. Itulah “goal” yang ingin disampaikan Fincher dan Sorkin di film ini.

Di luar pengambilan sudut pandang yang menimbulkan beragam reaksi masyarakat, film ini tercipta dengan kualitas yang sangat baik. Fincher, sutradara jenius yang berhasil menggarap The Curious Case of Benjamin Button dengan cemerlang, berhasil menvisualisasikan naskah yang ditulis Sorkin dengan sempurna! Di menit pertama film, Anda akan menyadari bahwa Anda sedang menyaksikan sebuah film dengan (salah satu) dialog tercerdas yang pernah ada! Bahkan, adegan pembuka tersebut membutuhkan take sebanyak 99 kali sampai dialog-nya berjalan sesuai rencana. Sang pemeran utama, Jesse Eisenberg, membawakan karakter Zuckerberg dengan sangat brilian: penuh ambisi, kemarahan, dan—tak lupa—geek style! Saya pribadi lebih suka menilai film ini dari segi teknisnya daripada meributkan seberapa besar persentase kebenaran yang diungkapkan film ini.

Kolaborasi Fincher dan Sorkin di film ini bisa dikatakan fantastis! Walaupun sudah menonton film ini, saya tidak berkeberatan menyaksikannya untuk yang kedua, ketiga, atau keempat kali. Saya penasaran, apakah Zuckerberg benar-benar tidak akan menyaksikan film ini? Jika ia tidak menyukai sudut pandang yang dipilih Fincher dan Sorkin, mungkin ia bisa melihat niat baik dua pionir film tersebut yang berusaha tetap berada di sisi “netral” di balik perseteruannya dengan Eduardo Saverin dan tuduhan pencurian ide yang dilayangkan kepadanya.

Tanggal rilis:
3 November 2010
Genre:

drama
Durasi:
menit
Sutradara:
David Fincher
Pemain:
Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake
Studio:

Columbia Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES