in: Digital Camera - News | November 26, 2010 | by: Bhisma Sidarto

Kuwait Melarang Penggunaan DSLR

Kadang-kadang kita tidak menghargai kebebasan yang kita miliki sampai kita melihat atau mendengar kejadian yang membuat kita tersadar betapa beruntungnya kita hidup disebuah negara yang merdeka. Baru-baru ini, pemerintah negara Kuwait mengumumkan bahwa penggunaan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) di tempat umum dilarang. Pengumuman ini tidak memberi penjelasan lebih lanjut mengapa larangan inidiberlakukan. Anehnya larangan ini hanya berlaku bagi DSLR, sedangkan untuk kamera compact dan kamera handphone tetap diperbolehkan.

Larangan ini sebetulnya merupakan tindakan lanjut setelah tiga kementerian negara Kuwait juga mengajukan larangan yang serupa. Sepertinya larangan ini merupakan efek samping dari sebuah negara yang sangat sedikit mendapat pengaruh dari seni rupa. Pemerintah Kuwait tampaknya khawatir foto-foto yang diambil oleh DSLR akan disalahgunakan oleh sang photographer. Walaupun kita dapat berargumen bahwa hal yang sama dapat terjadi dengan foto dari kamera compact maupun handphone. Banyak kaum muda Kuwait penggembar fotografi merasa larangan ini tidak beralasan tetapi mereka tidak bisa melakukan apa-apa karena takut akan hukuman yang diberikan pemerintah apabila melanggar peraturan tersebut.

Sungguh beruntung kita hidup di negara yang masih mengijinkan kreativitas berkembang dengan bebas. Apabila hasil dari kreativitas itu disalahgunakan hal tersebutmerupakan efek samping yang harus ditanggulangi. Namun, tidak dengan cara yang bisa terbilang primitif ini. Perlu diingat bahwa semuanya itu bergantung pada manusia yang menggunakannya.

Artikel sumber : http://www.kuwaittimes.net/read_news.php?newsid=MzAwMTg4ODg1

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES