in: Graphics Card - News | November 9, 2010 | by: Dedy Irvan

NVIDIA GTX 580 Segera Hadir?

Berdasarkan gosip yang beredar di Internet, NVIDIA akan segera meluncurkan graphics card kelas atas terbarunya, GTX 580. Jika gosip tersebut benar adanya, card ini akan diluncurkan tanggal 9 november ini. Terlepas dari kebenarannya, mari kita cermati NVIDIA GTX 580 berdasarkan gosip yang bertebaran di Internet.

Pengganti GTX 480?

Melihat dari spesifikasi yang digosipkan, card ini masih berbasis Fermi. Proses fabrikasi 40nm masih digunakannya dan TSMC masih menjadi produsen GPU ini. Berdasarkan pantauan terakhir kami, GPU ini akan “ditemani” DDR5 1,5 GB. Jadi, tampaknya masih lebih sedikit dibandingkan Cayman (gosipnya Cayman memiliki memori 2 GB).

Hal paling menarik dari GTX 580 adalah gosip mengenai jumlah CUDA core-nya (SP). GTX 580 kabarnya akan memiliki 512 SP. Ini berarti (jika benar) GTX 580 adalah Fermi yang dijanjikan pada tahun 2009, ketika NVIDIA mengumumkannya di GTC 2009.

Lebih dingin, lebih irit, lebih kencang

Gosip yang beredar mengatakan bahwa GTX 580 ini merupakan perbaikan yang cukup signifikan dari GTX 480. Selain GPU-nya sendiri memang lebih dingin, NVIDIA kabarnya menggunakan sistem pendinginan baru untuk mengendalikan panas dari GPU kelas atasnya ini.

Meski tidak jauh berbeda dari GTX 480, beberapa pembicaraan dalam forum-forum hardware mengindikasikan bahwa GTX 580 memiliki konsumsi daya lebih rendah dari GTX 480. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat GTX 580 memiliki lebih banyak “CUDA core” ketimbang pendahulunya.

Entah dari mana asalnya, klaim mengenai performa GTX 580 pun bermunculan di berbagai website. GPU baru ini diklaim oleh beberapa orang bisa menampilkan performa 10-20% di atas GTX 480. Hal ini berarti, performanya bersaing dengan GTX 460 (768 MB) SLI. Jadi, jika Anda memiliki Radeon HD 6870, overclocking pun tidak akan membantu untuk mengejar GPU baru ini. Apakah ini benar? Kemungkinan, jawabannya akan hadir di hadapan kita, tidak lama lagi.

Menyimpulkan dari gosip yang beredar

Apabila semua fakta di atas itu benar, GTX 580 akan menjadi pengganti GTX 480 yang layak. Suhu kerja yang tidak tinggi dipadu dengan performa yang meningkat cukup signifikan adalah kuncinya.

Hal yang lucu dari gosip kehadiran GTX 580 adalah card ini rencananya muncul mendahului AMD Cayman (HD 69xx). Padahal, Cayman sudah tercium berita kehadirannya sejak lama. Jika benar, berarti NVIDIA berhasil “menyimpan” GTX 580 dengan cukup baik.

Spekulasi yang lucu lagi dari gosip GTX 580 adalah perbandingan kecepatannya terhadap GTX 480. Lagi-lagi berdasarkan gosip: Cayman digosipkan lebih kencang 10-20% dari GTX 480, sementara GTX 580 pun demikian. Apabila klaim ini benar, berarti GTX 580 akan menjadi pesaing Cayman yang cukup tangguh. Mengingat Cayman harusnya hadir akhir bulan ini, akan sangat menarik sekali melihat perbandingan keduanya.

Apakah AMD akan mengundur Cayman untuk melakukan “tweaking” agar bisa mengalahkan GTX 580? Sebab, mulai ada gosip bahwa AMD akan mengundur Cayman. Apakah NVIDIA masih menyimpan performa GTX 580 dengan mempersiapkan driver baru lagi? Ingat, driver R260 bisa meningkatkan performa card terdahulu 5-7%. NVIDIA bisa saja melakukan hal yang sama saat Cayman hadir. Sejauh mana kebenaran gosip-gosip ini, baru akan kita ketahui pada saat GTX 580 diumumkan. Jadi, nantikan saja jam tayangnya.

Artikel lain yang mendukung spekulasi kami seputar GTX 580:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES