in: Graphics Card | November 9, 2010 | by: Gatot Tri Yuwono

Review NVIDIA GTX 580: Card Single-GPU Terkencang

New Power Monitoring Hardware

Pada NVIDIA GTX 580, NVIDIA mengimplementasikan feature terbaru mereka yaitu power monitoring. Pada PCB NVIDIA GTX 580, NVIDIA menambahkan tiga buah chip dimana masing-masing chip bertugas memonitor voltase pada konektor 8-pin, 6-pin, dan PCI Express. Driver graphics card akan memonitor daya yang digunakan oleh graphics card dan akan mengatur secara dinamis kinerja pada beberapa “stress-software” graphics card seperti FurMark dan OCCT agar konsumsi daya graphics card tidak melebihi spesifikasi yang dianjurkan. Feature ini melindungi graphics card dari konsumsi daya yang berlebihan.

Untuk melihat apakah feature ini bekerja, kami pun menjalankan aplikasi FurMark dan inilah hasilnya.

Ya, konsumsi daya NVIDIA GTX 580 jauh lebih kecil dibandingkan graphics card lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan NVIDIA GTX 480.

Sedangkan grafik di atas menunjukkan konsumsi daya saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven 2.1. Pada aplikasi ini, NVIDIA GTX 580 mengonsumsi daya sedikit lebih tinggi dibandingkan NVIDIA GTX 480.

Jika Anda melihat grafik konsumsi daya di atas, konsumsi daya NVIDIA GTX 580 pada aplikasi FurMark jauh lebih rendah dibandingkan pada aplikasi Unigine Heaven 2.1. Tampaknya feature power monitoring pada NVIDIA GTX 580 memang bekerja dengan baik pada “stress-software” graphics card seperti FurMark. Memang salah satu kegunaan feature ini adalah melindungi graphics card dari mengonsumsi daya yang melebihi kemampuannya saat menjalankan “stress-software” graphics card atau game yang menuntut graphics card bekerja terus-menerus.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES