in: News | November 20, 2010 | by: Deliusno

Spesifikasi PCI Express 3.0 Telah Diumumkan

PCI-SIG baru-baru ini mengumumkan spesifikasi teknologi PCI Express 3.0. PCI-SIG adalah organisasi yang ada di belakang teknologi PCI Express selama ini.

Arsitektur PCI Express 3.0 menggunakan skema encoding 128b/130b. Selain itu, teknologi ini memiliki data rate sebesar 8 gigatransfers per detik (GT/s). Data rate tersebut dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan teknologi PCI Express 2.0.

Nantinya, teknologi PCI Express 3.0 akan memiliki kemampuan backward compatibility. Jadi, bagi Anda yang masih menggunakan komponen dengan teknologi PCI Express 2.0 tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menggunakan komponen tersebut di teknologi PCI Express 3.0.

Spesifikasi PCI Express 3.0 telah meningkat hingga 8 GT/s. Berdasarkan ekspansi data rate ini, PCI-SIG mengklaim kalau teknologi tersebut mampu mencapai bandwidht 1 gigabyte per deti (GB/s) di satu arah di atas konfigurasi single-lane (x1). Jika, pengguna nantinya menggunakan konfigurasi sixteen-lane (x16) maka pengguna diklaim mampu mendapat bandwidht hingga 32 GB/s.

Tanggal pengumuman spesifikasi PCI Express 3.0 sebenarnya telah mengalami kemunduran beberapa kali. Di bulan Agustus 2007 lalu, PCI-SIG sebenarnya telah mengumumkan teknologi ini. Di waktu itu, mereka membocorkan kalau teknologi ini akan memberika data rate hingga 8 gigatransfers per detik. Pada waktu tersebut juga, mereka berencana untuk mengumumkan spesifikasi teknologi ini di 2011. Ternyata, waktu pengumuman teknologi ini maju lebih cepat dari yang direncanakan.

Anda member dari PCI-SIG? Anda bisa mengdownload spesifikasi dari PCI Express 3.0 di http://www.pcisig.com/specifications/pciexpress/base3/.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES