LOGO

Yahoo! Blogger Briefing

Selain mengadakan acara jumpa pers dalam rangka peluncuran Yahoo! Mail dan Messenger terbaru pada hari Senin, 8 November 2010, Yahoo! juga menggelar acara perhelatan blogger untuk mensosialisasikan fitur-fitur terbaru dari dua aplikasi tersebut. Acara ini diadakan pada hari yang sama dan bertempat di Loewy Bar and Restaurant, Oakwood, Mega Kuningan. Beberapa petinggi Yahoo!, seperti Mr. Peter Joblin dari Yahoo! South East Asia, Bapak Budi Putra, Country Editor untuk Yahoo! Indonesia, dan Mr. Michael Smith Jr., Director of Gobal Tech Initiative dari Yahoo, turut hadir dalam kesempatan itu.

Sebagian dari para peserta Yahoo! Blogger Briefing

Acara berlangsung santai dan akrab. Para blogger yang aktif menulis di internet saling mengobrol dan bertukar ide di sela-sela jamuan makan malam yang disediakan oleh panitia. Para official dari Jagat Review menjumpai beberapa anggota Koprol.com yang dengan hangat mengajak untuk bergabung. Selain itu, kami juga menyempatkan diri berbincang dengan Mr. Michael Smith Jr., Director of Gobal Tech Initiative dari Yahoo, yang kebetulan duduk berdekatan. Mr. Smith menjelaskan soal fitur-fitur baru yang dimiliki oleh Yahoo! Mail Beta dan Yahoo! Messenger 11. “Kami mengintegrasikan fungsi social networking pada dua aplikasi ini,” jelas Mr. Smith, menerangkan soal keunggulan dua aplikasi tersebut.

Mr. Michael Smith Jr., Director of Gobal Tech Initiative dari Yahoo

Hal paling menarik dari Yahoo! Mail dan Yahoo Messenger 11 adalah integrasi dengan website social networking seperti Facebook dan Twitter. “Anda bisa mengubah status di kedua situs sosial tersebut, langsung dari dalam Yahoo! Mail dan Messenger baru ini,” kata Mr. Smith, seraya menunjukkan interface kedua software. Interface Yahoo! Mail Beta terlihat lebih simpel dan fungsional.

Di halaman utama, terdapat kolom khusus yang memberitahu perubahan status dari rekan-rekan Facebook ataupun pesan-pesan terbaru dari Twitter. Layanan Yahoo! Mail Beta ini sudah tersedia untuk pengguna account e-mail Yahoo! Begitu log-in, Anda akan disuguhi pilihan untuk mencicipi fitur-fitur terbaru dari Yahoo! Mail Beta, yang masih berada dalam masa percobaan. Menurut rencana, masa percobaan Mail Beta akan berlangsung hingga akhir tahun 2010. Dalam kurun waktu itu, pengguna dapat memakai layanan tersebut.

Kolom untuk meng-update status Facebook dan Twitter di antarmuka Yahoo! Mail Beta

Lain halnya dengan Yahoo! Messenger 11, software ini juga memiliki integrasi dengan website social networking seperti Facebook dan Twitter. “Selain mengubah status, Anda juga dapat langsung berbincang dengan teman Anda di Facebook melalui Messenger. Pesan yang Anda ketik akan muncul di Facebook chat,” jelas Mr. Smith lagi. Tambahan lain yang juga menarik adalah tersedianya beberapa online game yang dapat dimainkan secara multiplayer antar sesama pengguna Yahoo! Messenger. Menurut keterangan dari Mr. Smith, belum ada kepastian kapan Messenger 11 akan tersedia untuk di-download dari situs Yahoo!. “Mungkin sekitar seminggu lagi dari sekarang,” katanya.

Fitur integrasi Facebook dan Twitter  juga tersedia di aplikasi Yahoo! Messenger untuk smartphone Android dan iPhone. Pengguna messenger di kedua jenis OS ponsel tersebut bahkan juga bisa melakukan voice/ video call melalui jaringan 3G/ WiFi. “Kami ingin menerapkan konsep multi-presence, jadi Anda bisa terus log-in dan mengetahui apa saja yang terjadi di sekitar Anda melalui Messenger,” tandas Mr. Smith. Menarik bukan? Mari kita tunggu kelanjutannya.



Comments

  1. rara says:

    ah ada saya di situ, membelakangi kamera :D

  2. Dewi says:

    asik banget acaranya, bisa kenalan dengan banyak blogger, seperti fitur terbaru Yahoo! Mail Beta, kita terkoneksi satu dengan yang lainnya…

    Thanks Oik, for a nice review

Random Articles
Back to Top