in: Features | December 24, 2010 | by: Pladidus Santoso

5 Modifikasi Kinect Paling Futuristik

Kinect memang menjadi teknologi motion-sensor yang paling mumpuni saat ini. Kemampuan kamera berteknologi tinggi di dalamnya yang dapat digunakan untuk membaca gerakan dan ruang secara tiga dimensi membuat para gamer dapat memainkan game hanya dengan menggunakan tubuh mereka tanpa perlu peralatan tambahan. Kinect menghadirkan sebuah pengalaman bermain yang sangat menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

Microsoft yang menghadirkan teknologi ini untuk konsol besutan mereka, XBOX 360 ternyata tidak mampu melakukan optimalisasi fitur yang mungkin dapat dihasilkan oleh Kinect itu sendiri. Tidak heran jika kemudian para modders di seluruh dunia yang melihat potensi yang mampu dihasilkan oleh perangkat ini berlomba-lomba untuk melakukan modifikasi terhadapnya. Setelah open-source driver nya ditemukan, Kinect menjadi primadona. Tidak hanya karena teknologi yang dibawanya, namun fungsi-fungsi yang sebenarnya mampu ia lakukan. Sebuah pintu untuk menuju kenyataan dari teknologi yang selama ini hanya mampu kita lihat di film-film science fiction belaka.

Dari begitu banyak modifikasi fungsi yang dilakukan pada Kinect, ada lima yang terkesan paling futuristik :

5. Pertunjukan Boneka Interaktif


Salah satu modifikasi yang akan membuat para anak-anak merasa senang dan hidup di dalam mimpi. Modifikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan gesture tertentu dengan menggunakan tangan, yang kemudian akan terbaca oleh Kinect sebagai perintah untuk memunculkan sebuah gambar tertentu ke layar. Dengan menggerakkan tangan kita, sang gambar binatang juga akan bergerak mengikutinya. Jika bisa disimpulkan, ini adalah sebuah pertunjukan bayangan binatang dengan menggunakan Kinect.

4. Membuat Kita Menghilang ala Predator


Dengan menggunakan perintah tertentu pada Kinect, perangkat ini dapat digunakan untuk membaca posture dan gesture tubuh kita secara keseluruhan dalam ruang tiga dimensi dan membuatnya tidak tampak dalam kamera. Modifikasi ini membuat Anda seolah menghilang dengan jubah ajaib milik Harry Potter atau seperti menggunakan teknologi menghilang milik Predator. Keren!

3. Membuat Robot Mengenali Lingkungan


Kinect yang telah dimodifikasi juga dapat diadaptasikan pada robot. Robot akan dapat mengenali lingkungan di sekitarnya dalam ruang lingkup tiga dimensi, mengenali mereka, dan bergerak bebas mengitarinya. Yang membuatnya semakin menarik, Robot ini akan dapat mengenali manusia dari data kedalaman gambar yang didapat dari kamera Kinect membuat potensi perkembangan robot di masa depan yang semakin besar. Menggerakkan robot dengan hanya menggunakan tangan? Why not?

2. Virtual Reality di Dalam Game


Dengan menggabungkan teknologi bernama HMD dan Kinect yang telah dimodifikasi, kemungkinan untuk menghadirkan sebuah virtual reality di dalam dunia game semakin terbuka lebar. Anda akan dapat memainkan karakter game Anda dari sudut pandang orang pertama, dan menggerakan setiap aspek posture dan gesture dari karakter tersebut menggunakan kinect. Jika Anda menggerakkan kaki, sang karakter utama akan menggerakkan kaki. Jika Anda menari, sang karakter Anda menari mengikuti gerakan Anda. Dan jika Anda berusaha berjalan pelan di atas titian yang tipis, karakter Anda juga akan dapat melakukannya.

1. Teknologi Navigasi Komputer ala Minority Report


Dan teknologi futuristik yang paling kita inginkan tentu saja adalah melakukan navigasi pada layar komputer dengan hanya menggerakkan tangan dari kejauhan. Membuka dokumen, memperbesar gambar, membangun model tiga dimensi yang kesemuanya dapat dilakukan dengan hanya sebuah gerakan tangan sederhana. Seperti pada Minority Report atau komputer modern nya Stark di dalam Iron Man.

Walaupun Kinect hadir sebagai teknologi kontroler motion-sensor belaka, dengan melakukan modifikasi terhadapnya, manusia dihadapkan pada potensi kemajuan teknologi yang sangat besar. Jika dalam beberapa bulan saja modifikasi seperti ini sudah dapat dihadirkan, bayangkan apa yang akan dapat diimplementasikan dalam beberapa tahun ke depan. Amazing!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES