in: News | December 17, 2010 | by: Pladidus Santoso

Apple Mencuri Teknologi iPad dari Nokia?

Persaingan untuk menghadirkan inovasi teknologi yang terbaik antar pada manufaktur handset terkemuka memang selalu menjadi hal yang menarik untuk disimak. Dari sekedar melihat gelontoran jumlah dana yang tidak sedikit untuk proses penelitian dan pengembangan yang memakan waktu cukup lama, hingga berbagai rumor miring tentang penjiplakan dan pencurian yang dilakukan satu manufaktur terhadap manufaktur yang lainnya – atau dalam kasus ini  –  Apple dari Nokia. Benarkah demikian? Setidaknya itu yang diyakini oleh Nokia.

Nokia Corporation mengajukan tuntutan hukum kepada Apple Inc. yang berbasis di Inggris, Jerman, dan Belanda atas dilanggarnya penggunaan hak teknologi yang sudah dipatenkan oleh Nokia. Nokia memandang bahwa teknologi perangkat multimedia Apple yang meraih sukses luar biasa seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad sebenarnya sudah dipatenkan terlebih dahulu oleh Nokia dan digunakan oleh Apple tanpa seizin mereka. Nokia sendiri sudah mencatat kurang lebih 37 paten teknologi yang mereka tuduh telah dicuri oleh Apple.

Nokia sendiri sudah mengajukan masalah ini kepada U.S International Trade Commission dan Pengadilan Federal Delaware dan Wisconsin sejak Oktober 2009 yang lalu ketika Nokia pertama kali mengajukan keberatan pertamanya atas paten yang digunakan pihak Apple. Dan jumlah paten yang dilanggar terus bertambah setiap tahunnya. Dan apakah sudah ada tuntutan yang terbukti? Sementara ini belum, karena kasus seperti ini memang tidak mungkin berjalan dengan cepat. Tuntutan Nokia yang pertama pada Oktober 2009 sendiri baru akan disidangkan tahun depan di Belanda. Sementara untuk 36 hak paten yang lain? Sepertinya masih akan memakan waktu yang cukup lama.

Nokia mengklaim bahwa teknologi touch user interface, application store di dalam perangkat handset, teknologi supresi kebisingan suara, over caller ID, bentuk antena, chipsets, sistem penerangan pada display merupakan teknologi yang dikembangkan oleh mereka sendiri. Bahkan Nokia berani menyatakan bahwa teknologi gerakan sentuhan tertentu untuk melakukan navigasi pada layar sentuh serta pelayanan online application store sudah mereka temukan 10 tahun sebelum Apple meluncurkan iPhone untuk pertama kalinya.

Jadi, apakah benar Apple mencuri paten teknologi? Kita tunggu saja hingga semua tuduhan Nokia tersebut terbukti atau tidak di pengadilan yang mungkin akan terjadi dalam puluhan tahun yang akan datang. Puluhan tahun dimana Apple akan mengembangkan teknologi baru “bebas-tuduhan” yang membuat tuduhan Nokia terlihat usang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES