in: Multimedia Player | December 13, 2010 | by: Oik Yusuf Araya

AverMedia Aver3D Capture HD: Kemampuan Multimedia Lengkap, Plus 3D!

Anda mungkin familiar dengan produk-produk video capture card yang umum digunakan oleh professional. Beberapa graphics card dari generasi terdahulu pun memiliki kemampuan untuk merekam output display dari sumber eksternal seperti video player. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, fungsi tersebut tidak lagi dimasukkan sebagai fitur standar, setidaknya pada kebanyakan perangkat komputer untuk konsumen awam. Padahal, kapabilitas untuk merekam video dari player eksternal dapat sangat berguna, terutama untuk multimedia/ home theatre PC.

Lantas, apakah kita harus membuang harapan untuk dapat merekam tayangan dari sumber eksternal di PC kita? Tentu tidak! Anda dapat menggunakan Aver3D Capture HD, sebuah produk video capture card dari AverMedia yang merangkap sebagai TV/ FM radio tuner. Selain mampu menangkap siaran televisi analog maupun digital, ia juga dibekali  segudang kemampuan lain yang tak kalah menarik.

AverMedia Aver3D Capture HD

Boks kemasan AverMedia Aver3D Capture HD
Video capture card Aver3D Capture HD terlihat sederhana dengan penampang PCB berukuran kecil

TV tuner/ video capture card Aver3D Capture HD menggunakan interface PCI Express x1. Ukuran card-nya sendiri relatif mungil. Backplate standar dapat diganti dengan backplate low-profile kecil yang terdapat dalam kemasan, sehingga membuat card ini dapat dipasang di dalam casing PC berukuran mini.

Backplate low profile turut disertakan

Perlengkapan

Bagian backplate AverMedia Aver3D Capture HD terlihat sederhana dengan hanya tiga konektor. Tidak seperti beberapa video capture board lain, AverMedia tidak menempatkan port video input pada backplate sehingga bagian ini tidak disesaki oleh macam-macam jenis colokan. Sebaliknya, Avermedia menggunakan sebuah kabel multi-AV yang bermuara pada satu konektor. Cukup praktis, walaupun sebagai akibatnya kabel yang bersangkutan tampak berantakan karena memiliki banyak cabang.

Tiga jenis konektor terdapat di bagian belakang: antenna TV, HDMI input, dan multi-AV input
Kabel multi-AV AverMedia Aver3D Capture HD mendukung input tambahan dari S-Video, Component dan Composite (RCA). Receiver infra red untuk remote juga disambungkan ke kabel ini

Untuk kemudahan penggunaan, AverMedia Aver3D Capture HD juga dilengkapi dengan sebuah remote control. Anda dapat mengakses berbagai macam fungsi dari remote ini, seperti berpindah-pindah channel TV, dan bahkan merekam video dari sumber eksternal. Dua buah baterai ukuran AAA yang diperlukan sebagai sumber tenaga wireless remote turut diselipkan dalam kemasan.

Remote control AverMedia Aver3D Capture HD dapat mengakses banyak fungsi

Selain itu, Anda dapat menemukan sebuah antenna TV/ radio sederhana, sebuah quick installation guide, dan sebuah CD driver. Software penting yang digunakan untuk operasi AverMedia Aver3D Capture HD, yaitu Aver MediaCenter 3D dan Snug TV, terdapat di dalam CD. Avermedia juga menyediakan sebuah kacamata 3D anaglyph.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES