in: Display - Features | December 15, 2010 | by: Oik Yusuf Araya

Buyer’s Guide: Kenali Istilah-istilah Monitor dan TV!

CRT: Singkatan dari Cathode Ray Tube. Gambar di Monitor CRT dihasilkan oleh lapisan fostor di layar yang menyala ketika terkena “tembakan” elektron dari katoda di bagian belakang monitor. Monitor CRT menggunakan tabung hampa untuk memperkuat sinyal elektron dan karena itu berukuran lebih besar dan berat daripada monitor LCD yang mulai banyak menggantikannya.

Diagram penjelasan cara kerja monitor CRT, dilihat dari sisi samping

DDC: Display Data Channel, standar yang ditetapkan oleh VESA untuk komunikasi antara monitor dan graphics card. Dengan menggunakann DDC, graphics card dapat mengetahui kapabilitas dari monitor yang terhubung dengannya, seperti resolusi maksimal, kedalaman warna, dan lain-lain. Informasi tersebut diperlukan untuk menghasilkan data konfigurasi display yang akurat.

Dead Pixel: Istilah yang mengacu pada pixel yang “rusak” dan tidak merespon sinyal gambar dengan benar pada sebuah layar LCD. Disebabkan oleh transistor yang rusak atau distribusi liquid crystal yang tidak merata.

Contoh deadpixel (pixel hitam di bagian tengah) pada monitor LCD

De-Interlacing: Proses untuk menghilangkan artifak “interlacing: yang muncul di video interlaced yang ditampilkan pada perangkat display jenis progressive scan seperti monitor komputer.

Display Color: Jumlah warna yang mampu ditampilkan oleh sebuah monitor, biasanya sebanyak 16,7 juta warna.

Display Port: Standar interface display digital masa depan yang diajukan oleh VESA. Merupakan interkoneksi video/ audio digital yang bebas royalti dan ditujukan untuk keperluan output gambar dari komputer ke monitor, atau dari komputer ke sistem home theater. Graphics card modern mendukung keluaran gambar dari Display Port. Versi lebih kecil -disebut sebagai mini-Display Port- juga tersedia dan dapat ditemukan antara lain pada seri notebook Macintosh terbaru.

Perbandingan antara konektor Display Port (kiri) dan HDMI (kanan)
Konektor mini-Display Port pada graphics card (bawah) dan ujung kabel mini-Display Port yang terhubung ke monitor (atas)
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES