in: Display - Features | December 15, 2010 | by: Oik Yusuf Araya

Buyer’s Guide: Kenali Istilah-istilah Monitor dan TV!

Dot Pitch: Jarak 2 titik fosfor (atau 2 sel di monitor LCD) yang berwarna sama pada layar, diukur dari bagian tengah masing-masing pixel. Semakin kecil angkanya, semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Ilustrasi jarak dot pitch, diukur dengan satuan millimeter

D-SUB: Kependekan dari  “D-SUBminiature connectors”. Merupakan keluarga konektor yang sering digunakan di peralatan komputer dan komunikasi, termasuk meneruskan sinyal display ke monitor. Jenis yang dipakai untuk keperluan output gambar memiliki 15-pin. Juga dikenal sebagai konektor “VGA” yang menyalurkan sinyal analog.

Konektor D-SUB memiliki 15 pin

DVI: Digital Video Interface, standar konektor display yang dikembangkan oleh Digital Display Working Group (DDWG). Terdapat tiga jenis konektor DVI: 1. DVI-A (menyalurkan sinyal Analog) 2. DVI-D (menyalurkan sinyal digital) 3. DVI-I (Integrated, menyalurkan sinyal digital dan analog). Jenis yang umum terdapat pada graphics card adalah DVI-I, yang memungkinkan konversi ke konektor D-SUB karena bisa menyalurkan sinyal analog. DVI adalah interface optimal untuk jenis display LCD karena sinyal digital dari graphics card langsung diteruskan ke monitor tanpa terlebih dahulu dikonversi menjadi sinyal analaog (seperti yang terjadi pada konektor D-SUB).

Konektor DVI-I

Edge-Lighting: Teknik penerangan layar LCD yang menempatkan lampu penerang di sekeliling (dan bukannya di belakang seperti pada back lighting) agar ukuran layar dapat dipertipis. Cahaya disebarkan secara merata menggunakan sebuah panel diffuser. Lampu yang digunakan umumnya dari jenis CCFL atau LED. Kekurangannya, tampilan gambar tidak sebaik yang dihasilkan oleh teknik back lighting (full-array).

Perbedaan teknik penerangan LCD: edge-lighting dengan lampu CCFL konvensional (kiri), edge –lighting dengan lampu LED (tengah) dan back-lighting/ full-array dengan lampu LED (kanan)
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES