Buyer’s Guide: USB Flash Disk Drive

Reading time:
December 24, 2010

Mengapa flash disk masih menjadi pilihan utama untuk dijadikan sebagai alat penyimpan data? Padahal, hard disk eksternal cenderung memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Ternyata, kemudahan dalam membawa serta kepraktisannya membuat flash disk lebih dipilih oleh kebanyakan orang. Kebanyakan dari pengguna pun tidak menghiraukan kinerja yang dimiliki flash disk. Sayang memang, kinerja flash disk yang tinggi mampu membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dalam berbelanja flash disk.

Kingston DT Ultimate 16 GB

Flash Disk USB 2.0 atau USB 3.0?

Sekarang USB Flash disk dengan interface USB 3.0 sudah bisa didapatkan di pasaran. Dengan menggunakan USB 3.0, kinerja flash disk yang mendukung USB 3.0 akan memiliki kinerja yang mencapai dua kali lipat USB lama Anda. Saat Anda  memakai flash disk USB 3.0 pada USB 2.0, kinerjanya akan berada pada USB 2.0. Hal ini karena USB 3.0 mendukung kompatibilitas ke versi sebelumnya. Jika Anda masih penasaran bagaimana kinerja USB 2.0 dan USB 3.0, Anda dapat melihatnya kembali pada artikel “Perbandingan Kecepatan Transfer USB 3.0 vs USB 2.0” kami.

Sayangnya, USB Flash Disk dengan interface USB 3.0 yang kami temukan di pasaran Indonesia sampai dengan penulisan artikel ini adalah Super Talent Express Drive Duo dengan besar kapasitas 8 GB dan 16 GB. Walaupun begitu, kami juga sudah pernah kedatangan dua buah flash disk dengan interface USB 3.0, yaitu Kingston Data Ultimate dan ADATA N005.

Keunikan Desain

Saking ramainya persaingan antar USB Flash Drive, para produsen harus mengganti desain yang mereka miliki. Untuk pangsa pasar wanita, bentuk lucu masih menjadi andalan. Banyak Flash Disk yang dijual dengan bentuk-bentuk lucu, seperti tokoh kartun. Pada saat ada musim tertentu, misalnya natal, akan banyak bentuk-bentuk ikon natal seperti boneka salju dan kaus kaki natal. Untuk para pria, biasanya bentuk lucu tidak terlalu berpengaruh. Akan tetapi, saat tahun baru Cina, biasanya mereka membeli flash disk dengan Shio yang sama dengan tahun tersebut.

Di lain pihak, selain desain lucu, ada pula produsen yang membuat produk flash disk-nya memiliki feature anti air. Saat flash disk tersebut anti air, data yang ada di dalamnya saat flash disk tersebut tercebur ke dalam air akan lebih aman.

Sayang memang, tidak banyak flash disk dengan bentuk unik yang memiliki kinerja yang tinggi. Saat Anda menemukan flash disk yang memiliki desain unik dan kinerja yang tinggi, harga jualnya pun juga tinggi.

ADATA

Cap vs. Capless

Apakah Anda menilai diri Anda sedikit ceroboh? Jika jawabannya iya, belilah flash disk dengan ukuran besar dan memiliki model slide. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kehilangan tutup flash disk atau cap. Di lain pihak, model dengan cap sangat berguna. Hal ini dapat membuat konektor USB pada flash disk jauh dari debu dan kotoran.

Kapasitas vs. Kinerja

“Kalau saya, hanya memikirkan besarnya kapasitas”. Itulah kata salah seorang rekan saya. Ternyata, memang banyak orang yang masih terbuai dengan besarnya kapasitas tanpa memperhatikan kinerja. Memang, saat Anda bukan seorang profesional, kinerja rendah pada sebuah flash disk tidak akan berpengaruh. Sayangnya, pelannya kinerja tersebut akan terasa pada saat Anda melakukan file copy dengan jumlah file yang banyak. Beberapa merek bahkan memiliki kinerja yang sangat rendah hingga Anda harus menunggu lebih dari 30 menit untuk melakukan penyalinan file foto dengan jumlah yang sangat banyak.

Bonus Software: Software Enkripsi sangat penting!

Banyak flash disk yang dibundel dengan software. Beberapa flash disk bahkan sudah dibundel dengan sebuah software anti virus. Untuk kinerja, ada pula produsen yang menyertakan sebuah driver untuk meningkatkan kinerja flash disk pada USB 2.0. Kebanyakan dari mereka menyertakan software enkripsi untuk melindungi data Anda.

Flash disk bisa saja hilang dan data Anda rentan dari pencurian oleh tangan-tangan jahil. Di sinilah software enkripsi dapat membuat Anda aman. Software enkripsi biasanya membutuhkan password untuk membuat data Anda aman. Buatlah password sesulit mungkin yang berisikan angka dan huruf. Misalkan saja dengan membuat sebuah kalimat “pacarku aku cinta padamu”. Anda bisa mengkombinasikan dengan “p4c412koe4koetjint4p4d4moe”. Di sini Anda hanya harus mengganti huruf “a” menjadi “4”, “u” menjadi “oe”, “c” menjadi “tj”,dan “r” menjadi “12”. Sulit mengetiknya? Memang! Akan tetapi password Anda lebih aman dan lebih sulit untuk dibobol.

KINGMAX PD 01 USB Flash Drive

Bukan Storage Utama

Pernahkah Anda mendapatkan pernyataan bahwa flash disk Anda harus diformat? Padahal sebelumnya flash disk Anda sepertinya baik-baik saja. Itulah kendala yang masih Anda harus hadapi saat ini. Tidak semua notebook, netbook, serta desktop memiliki arus listrik yang stabil. Saat daya yang dibutuhkan sebuah USB tidak seperti yang butuhkan, kehilangan data yang harus Anda alami.

Hal seperti inilah yang membuat sebuah flash disk tidak untuk penyimpan data utama. Apalagi data rahasia perusahaan yang nilainya jutaan bahkan milyaran rupiah. Saat hilang karena kerusakan, bisa jadi perusahaan data recovery mengenakan biaya tinggi untuk mengembalikannya. Toh saat Anda hanya menggunakan untuk menyimpan data sementara, data utama Anda masih ada saat flash disk tersebut rusak atau hilang.

Garansi

Saat terjadi kerusakan, garansi yang dimiliki flash disk cenderung lama. Kami sudah memantau beberapa produsen mematok satu sampai lima tahun. Beberapa produsen bahkan mematok garansi seumur hidup. Hal ini tentunya membuat para pemakai flash disk tidak perlu risau lagi akan kerusakan flash disknya. Saat rusak, jangan dibuang, tukarkan saja pada toko tempat Anda membeli atau langsung ke distributor masing-masing flash disk. Bawalah bon pembelian Anda jika stiker garansi yang ada pada flash disk sudah rusak.

B A C K U P!

Backup, backup, dan backup! Sekecil apapun data penting yang ada pada flash disk, selalu buat backup pada perangkat lain. Backup bukanlah sesuatu yang mahal dibandingkan dengan nilai data berharga Anda.

Kategori

Harga di bawah Rp. 60.000

Pada kategori ini, flash disk umumnya dijual dengan kapasitas 2 GB. Kinerja flash disk dengan kapasitas ini cenderung standar dengan kecepatan di bawah 20 MB/s. Jika Anda ingin membeli pada rentang harga ini, usahakan memilih flash disk yang menyediakan bonus software agar harga flash disk Anda lebih murah.

Harga Rp. 60.001 sampai Rp. 100.000

Rentang harga ini di dominasi oleh flash disk dengan kapasitas 4 GB. Kinerja flash disk dengan kapasitas ini juga cenderung standar, namun ada beberapa yang memiliki kinerja baca di atas 20 MB/s. Sama seperti di atas,

Harga Rp. 100.001 sampai 200.000

Pada rentang harga ini, flash disk di dominasi dengan kapasitas 8 GB dan 4 GB dengan kinerja tinggi. Beberapa flash disk dengan desain tokoh kartun juga kebanyakan ada pada rentang harga ini.

Harga Rp. 200.001 sampai Rp. 300.000

Rentang harga ini didominasi oleh flash disk dengan kapasitas 16 GB. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan flash disk dengan kapasitas 8 GB dengan kinerja tinggi. Beberapa produsen bahkan masih menjual flash disk kapasitas 4 GB pada rentang harga ini dengan menawarkan beberapa fungsi seperti tahan benturan dan tahan air.

Super Talent USB 3.0

Harga di atas Rp. 300.001

Anda butuh Kapasitas 16 GB ke atas? Pada harga inilah Anda akan mendapatkannya. Jika Anda membutuhkan flash disk dengan USB 3.0 dan kapasitas 16 GB, silahkan menyediakan uang lebih dari Rp. 300.000.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…