LOGO

Buyers Guide Mobile Computing: Netbook

Part: 1 2

Netbook, siapa yang tidak mengetahui sepak terjang perangkat ini? Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, netbook langsung menggebrak pasaran mobile computing dengan ganasnya. Bagaimana tidak, perangkat ini ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Hal ini membuat banyak orang yang mengidam-idamkan mempunyai perangkat mobile langsung membelinya tanpa berpikir panjang.

Intel mensyaratkan bahwa sebuah netbook mempunyai spesifikasi menggunakan prosesor Intel Atom, memory 1GB, Hard disk maksimal 320GB, Layar 10″, dan menggunakan sistem operasi Windows XP Home Edition atau Windows 7 Starter. Dari berpuluh-puluh pengujian yang pernah saya lakukan pada netbook dengan prosesor Atom saya mendapatkan kesimpulan bahwa kinerja yang ditawarkan tidak terlalu mengecewakan. Pada benchmark Sysmark 2007, umumnya sebuah netbook akan mendapatkan nilai antara 38 sampai 43.

Netbook ya netbook, Jangan pernah untuk melakukan aplikasi menengah keatas pada perangkat ini karena Anda akan dibuat jengkel. Sebuah perangkat netbook memang hanya diciptakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti aplikasi office, browsing, chatting, aktivitas multimedia ringan ( menjalankan film non HD, memutar musik, editing foto ringan ) dan aktivitas komputasi ringan lainnya. Jadi tetap gunakan netbook pada jalur dan fungsinya untuk menghindari kejengkelan.

Berikut ini, kami akan memandu Anda yang berencana ingin membeli sebuah netbook. Panduan ini kami bagi ke dalam beberapa klasifikasi sesuai dengan spesifikasi yang ada pada netbook.

Netbook murah dan lengkap

Harga jual sebuah netbook termurah saat ini berada di bawah Rp. 3.000.000,-. Kami sampai pusing melihat daftar tersebut. Ada sekitar puluhan jenis netbook dari berbagai merek ternama. Mulai dari merek yang banyak kita kenal sampai dengan merek yang membuat kita mengerutkan dahi, karena baru pertama kali mendengar merek itu. Bahkan ada beberapa merek yang dapat membuat kami berkata “Ternyata bikin netbook juga ya?”.

Pencarian kami yang panjang ini berakhir dengan penemuan beberapa netbook yang mempunyai kelengkapan lebih dibanding netbook lainnya namun mempunyai harga di bawah Rp. 3.000.000,- .

Forsa FS-3120N-G 3G  Non OS dan OS

Kami sendiri sepertinya sedikit tidak percaya dengan harga yang ditawarkan oleh netbook ini. Netbook langsiran Forsa FS-3120N-G 3G ini dilengkapi dengan Modem 3.5G HSDPA dan tetap mengusung Bluetooth baik yang menggunakan Sistem Operasi Windows 7 Starter ( Rp. 2.700.000,- ) maupun yang non-OS ( Rp. 2.550.000,- ) dan kami tidak dapat menemukan netbook semurah ini dengan perlengkapan yang menyamai Forsa. Perbedaan harga Antara yang OS dan non OS hanya terpaut sebesar Rp.200.000.- Jadi, pilih saja yang menggunakan OS karena kapan lagi Anda dapat membeli OS Windows 7 starter seharga dua ratus ribu rupiah?

Untuk spesifikasi, Forsa FS-3120N-G 3G, layaknya sebuah netbook yang disyaratkan oleh Intel. Di dalamnya Anda akan menemukan  prosesor Intel Atom N270,  memory sebesar 1GB yang dapat Anda upgrade Maksimal 2GB, kapasitas hard disk sebesar 160GB , layar 10.1″  dan lain sebagainya.

Manli M3

Manli M3 ini dilengkapi fingerprint reader, Feature fingerprint reader ini sangat berguna bagi Anda yang menginginkan keamanan lebih, sehingga netbook Anda aman dari jari-jari yang tidak diinginkan. Dengan tambahan keamanan lebih ini, Manli M3 membanderol produknya di harga Rp. 2.965.000,- dengan sistem operasi Windows 7 starter dan baterai 6 Cell.

Spesifikasi yang tertera memang benar-benar sebuah netbook. Sebuah prosesor Intel Atom N270 dengan kecepatan 1.6GHz dan memory 1GB menjadi dapur pacu dari netbook ini. Kapasitas hard disk yang diberikan juga merupakan syarat sebuah netbook, Anda akan mendapatkan kapasitas hard disk sebesar 160GB.  Netbook Mali M3 ini ditawarkan dengan warna casing yang centil dan menarik.

Netbook dengan Tenaga Tambahan

Dari sekian banyaknya produk netbook yang ditawarkan pasti ada yang lain dari pada yang lain. Dalam perjalanan saya sebagai reviewer perangkat mobile, netbook yang pernah saya uji mencapai puluhan dan nilai yang didapat pada benchmark Sysmark 2007 di  kisaran nilai 40. Lalu, netbook apa yang bisa masuk dalam definisi “lebih bertenaga”? Netbook bertenaga di sini adalah netbook yang dapat melakukan komputasi lebih dari netbook lainnya. Aktivitas seperti menjalankan film HD1080P, bermain game ringan, encoding dengan GPU dan lain sebagainya. Kami hanya menemukan netbook yang menggunakan NVIDIA Ion dan menggunakan Chipset Broadcom pada kategori ini.

Intel Atom + NVIDIA Ion

Penggabungan prosesor Intel Atom dan NVIDIA Ion pada sebuah netbook menghasilkan  netbook yang dapat memutar film HD1080P, encoding film dengan GPU dan bermain game ringan. Selain itu, kelengkapan yang diberikan juga lebih banyak karena Anda akan menemukan port HDMI disini, sehingga netbook tersebut bisa menjadi sarana hiburan dengan menyambungkan ke LCD TV besar menggunakan kabel HDMI. Sayangnya netbook yang mengadopsi NVIDIA Ion saat ini semakin sedikit dan kami hanya menemukan satu vendor saja yang masih menggunakan ini walaupun dengan layar yang abnormal.

HP 311-1002TU

Netbook langsiran HP ini menggunakan prosesor Intel Atom N280 dengan kecepatan 1.66GHz dengan memory 2GB sebagai sumnber tenaganya. Satu hal yang menarik pada netbook ini adalah graphics card pada HP 311 ini menggunakan NVIDIA Ion yang di-klaim oleh NVIDIA dapat menjalankan film HD1080P dengan bantuan GPU-nya. Selain itu, netbook ini juga dapat melakukan pekerjaan encoding film dengan CUDA serta dapat memainkan game 3D ringan dengan cukup lancar pada settingan tertentu. Hal yang sedikit menyimpang kami temukan pada layarnya yang menggunakan ukuran 11.1″. Harga jual HP 311 ini di Rp. 3.550.000,- dan menurut kami masih termasuk murah dengan kelebihan itu dan layar yang lebih besar dan bundle optical drive USB.2.0 dalam paket penjualannya.

Intel Atom + Chip Broadcom

Apa istimewanya chip broadcom ini? Keistimewaannya adalah membuat sebuah netbook bisa menjalankan film HD1080P dan playback dilakukan oleh chipset broadcom sendiri. Keunggulannya adalah sebuah perangkat yang hemat daya tetapi masih dapat menjalankan multimedia HD dengan lancar tanpa membebani kerja CPU atau GPU.

HP Mini 110

Untuk spesifikasi yang diberikan, HP mini 110 tidak lebih dari sebuah netbook dengan menggunakan prosesor Intel Atom N270 atau N280 dengan memory sebesar 1GB sebagai sumber tenaganya. Kapasitas hard disk yang diberikan juga tidak terlalu istimewa, Anda hanya akan mendapatkan kapasitas sebesar 160GB di dalamnya. Netbook ini menggunakan chipset tambahan dari Broadcom yang dapat memutar film HD1080P dengan lancar karena playback dilakukan oleh chipset ini bukan oleh CPU atau GPU. Untuk harga jual, HP mini 110 ini di bandrol di kisaran harga Rp. 4.500.000 sampai dengan Rp. 5.000.000,-

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top