LOGO
,

Buyer’s Guide Storage: Hard Disk Internal

Part: 1 2 3 4 5

Bulan Desember telah tiba. Tentu saja, jika dikait-kaitkan, bulan Desember dapat diartikan sebagai bulan dengan liburan yang panjang. Bagaimana tidak, pada bulan ini akan terdapat satu minggu di mana terjepit di antara dua momen penting, Natal dan Tahun Baru. Dan tentu saja, Natal dan Tahun Baru bagi sebagian orang merupakan sebuah momen untuk melakukan aktivitas penting: belanja!

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai alat penyimpan data hard disk. Hard disk merupakan tempat penyimpan data utama pada sebuah komputer. Selain itu, orang juga sering membeli hard disk tambahan untuk menampung data-data saat hard disk pertama sudah penuh. Dengan menambah hard disk kedua, kinerja sistem dapat lebih maksimal karena kerja sistem dan pembacaan data tidak terjadi pada satu tempat.

Daya tarik sebuah hard disk tidak luput dari kinerjanya. Kinerja tersebut sangat dipengaruhi oleh putaran piringan hard disk dan cache yang dimiliki. Selain kinerja, sebagai hard disk kedua, pemakaian daya juga menjadi perhatian sebagian orang. Sayangnya, beberapa hard disk yang memiliki daya rendah cenderung mengurangi kecepatan putaran platter-nya. Dan terakhir yang paling diminati tentu saja, kapasitas dibandingkan harga.

Oleh karena itu, JagatReview mengklasifikasikan beberapa hard disk yang layak untuk dibeli pada sebuah klasifikasi tertentu.  Kali ini, kami akan mengklasifikasikan berdasarkan rentang harga.

Rentang Harga Di Bawah Rp. 400.000

Hard disk dengan harga di bawah Rp. 400.000 memiliki kapasitas 500 GB ke bawah. Hal ini termasuk kapasitas 160 GB sampai dengan 500 GB. Oleh karena itu, pembelian hard disk dengan kapasitas di bawah 500 GB sepertinya tidak layak. Sebuah hard disk 160 GB dipatok pada harga sekitar Rp. 320.000. Hanya dengan menambah sekitar Rp. 80.000 bisa Anda mendapatkan hard disk dengan kapasitas lebih dari tiga kali lipatnya.

Hard disk yang kami rekomendasikan untuk rentang harga ini adalah:

Western Digital Caviar Blue 500 GB

Hard disk WD Caviar Blue cenderung memiliki kinerja yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan WD Caviar Black walaupun memiliki cache yang lebih kecil. Dengan begitu, tentu saja kinerjanya lebih baik daripada WD Caviar Green.

Seagate 500 GB 7200.11

Saat Anda memilih Seagate sebagai hard disk, usahakan model yang Anda dapatkan adalah model yang paling baru. Pada saat ini, model 7200.11 adalah kebanyakan yang dijual. Model lama adalah 7200.10 dan 7200.9. Tentunya Anda ingin mengambil hard disk dengan teknologi yang paling baru bukan?

Western Digital Caviar Green 500 GB

Tidak bisa dipungkiri bahwa hard disk yang satu ini sering menjadi primadona karena memiliki pemakaian daya yang lebih kecil. Selain itu, cache yang dimilikinya adalah 32 MB yang mampu meningkatkan kinerja dibandingkan dengan model sebelumnya. Sayang memang, putaran spindle-nya tidak mencapai 7200 membuatnya memiliki kinerja yang tidak secepat kedua saudaranya, Black dan Blue.

Hitachi Deskstar 500 GB

Terakhir adalah Hitachi Desktar 500 GB. Hitachi yang satu ini memang memiliki kinerja yang bagus, hanya sayang cache-nya yang tersedia sekarang ini hanya yang 8 MB. Pada beberapa game, hal ini cukup menghambat kinerja gaming.

Part: 1 2 3 4 5

Comments

  1. dhana "STRIG" says:

    “Hard disk WD Caviar Blue cenderung memiliki kinerja yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan WD Caviar Black walaupun memiliki cache yang lebih kecil. Dengan begitu, tentu saja kinerjanya lebih baik daripada WD Caviar Green.”

    Serius tuh? Blue lebih baik daripada Black (dalam kelas 500GB) ? Padahal rentang harganya lumayan jauh lho.. Berarti keunggulan dari WDC Black 500GB cuman masa garansi yang lebih panjang dong..?

  2. Dimas Galih Windujati says:

    @dhana
    Pada rentang harga tersebut, kinerja WD 500 GB Blue cenderung lebih kencang dibandingkan dengan WD 500 GB Black, setidaknya pada beberapa benchmark. Pertama kami membenchmark, kami pun sedikit bingung pada hasil yang didapat. Akan tetapi, itulah kenyataannya. Pada kenyataan itu pula HDD Blue Edition ini pernah habis dipasaran beberapa kali, dan sekarang sudah tersedia di pasaran lagi.

  3. yakaduh says:

    “Semakin besar kapasitas hard disk Anda, biaya untuk menyelamatkan data yang ada pada hard disk Anda juga semakin tinggi.”

    kita (PT. HDD Studio) tidak meng quote biaya recovery data berdasarkan kapasitas, tetapi bedasarkan tiper hardisk dan jenis kerusakan…saya bertanya kesimpulan itu anda dapatkan darimana??

  4. Dimas Galih Windujati says:

    @Yakaduh
    1. Anda baru di PT. HDDStudio? mohon salamnya buat bro Ferry :)
    2. Sebelum Anda bergabung dengan HDDStudio, saya punya pricelist dari bro HDDStudio sendiri :)… kalo kebijakannya sekarang berubah, mungkin bro HDDStudio sendiri belum punya waktu untuk berbincang-bincang dengan saya.
    3. Data Recovery bukan hanya PT. HDDStudio saja :)

  5. dhana "STRIG" says:

    hmm.. berarti agak salah keputusan saya beli WDC 500GB Black, padahal karena lebih berisik dari WDC Blue saya pikir akibat putaran platter atau ada suatu sistem kerja yang lebih cepat dari WDC Blue sehingga guncangannya lebih dahsyat..

    Oh, well.. Setidaknya garansi 5 tahun cukup menghibur saya..

Random Articles
Back to Top