in: News | December 3, 2010 | by: Pladidus Santoso

CGI “Hidupkan” Kembali Heath Ledger untuk Film Batman Selanjutnya

Melalui tangan dingin Christopher Nolan, salah satu film Batman terbaik yang pernah dibuat, The Dark Knight, lahir. Tidak hanya mengusung plot cerita yang jauh berbeda dibandingkan franchise film Batman sebelumnya, film ini juga didukung permainan peran beberapa karakternya yang nyaris sempurna. Lihat saja bagaimana Joker, musuh bebuyutan Batman, dilakonkan dengan begitu hidup dan kompleks oleh Heath Ledger. Tapi sayangnya, Ledger wafat setelahnya, meninggalkan nasib sekuel The Dark Knight menjadi tidak jelas.

The Dark Knight Rises, sekuel The Dark Knight sebenarnya masih memerlukan karakter Joker untuk menunjukkan kesinambungan cerita yang akan dibangun. Sepeninggal Ledger, Nolan memiliki opsi untuk mencari aktor pengganti untuk memainkan karakter psikotik ini. Namun sepertinya, Nolan lebih memilih teknologi.

Selain memaksimalkan proses editing dengan menggunakan footage Ledger sebagai Joker yang tidak terpakai di The Dark Knight, Nolan juga mempertimbangkan untuk menggunakan CGI dan “menghidupkan” Ledger dari sana. Semua ini dilakukan Nolan semata-mata sebagai penghargaan terhadap Ledger dan kesempurnaan karakter Joker yang mampu dibawakannya. Sedangkan footage Ledger yang tidak terpakai akan digunakan sebagai jembatan yang menghubungkan cerita antara The Dark Knight dan The Dark Knight Rises. Seperti yang kita tahu, teknologi CGI saat ini memang terbilang cukup mumpuni untuk menghadirkan visual effect hingga karakter yang sangat realistis hingga cukup sulit dibedakan.

Heath Ledger, setelah meninggal, juga memenangkan Piala Oscar 2008  best supporting role sebagai Joker di film The Dark Knight, sebuah pengakuan yang menurut saya memang pantas didapatkannya. Saya berharap penggunaan CGI pada karakter Joker tidak mematikan “keunikan” yang dibawa Ledger ke dalamnya. Bagaimanapun teknologi komputer saat ini masih belum bisa merefleksikan emosi sebaik manusia memunculkannya keluar. Kita tunggu saja film yang direncanakan akan keluar pada tahun 2012 ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES