in: Gadget | December 30, 2010 | by: Sony Hanifudin

HTC Desire: Device Papan Atas HTC

HTC kali ini memberikan kesempatan kepada team JagatReview untuk melakukan serangkaian pengujian terhadap produknya yang diberi nama HTC Desire. Device ini datang dalam kemasan sederhana yang dilengkapi dengan earphone, kabel data, dan USB head charger. Desire memiliki casing yang terbuat dari bahan plastik yang rentan terhadap bekas sidik jari. Dimensi dari produk ini sebesar 119 x 60 x 11.9 mm dengan bobot berkisar 135 g . Desain dari produk ini sendiri nampak cukup elegan, dengan bentuk candybar. Selain itu, keyboard virtual QWERTY dari HTC menawarkan kemudahan input texting.

Di bagian bawah device ini terdapat empat buah tombol, Home, Menu, Back, dan Search. Di antara keempat tombol tersebut terdapat pula sebuah sensor optical trakpad sensor layaknya trackpad pada Blackberry. Sementara itu, di bagian atas terdapat tombol power dan audio jack 3.5 mm. Pada sisi kiri atas terdapat tombol volume button  yang berfungsi untuk mengecilkan atau mengencangkan volume suara. Mini USB konektor tersedia pada bagian bawah device ini untuk yang berguna untuk melakuan charge dan transfer data.

Software dan Interface

HTC Desire mempergunakan Sense UI yang mudah dinavigasikan. Sense UI dapat dipergunakan sebagai media informasi singkat seperti Contact, Bookmark, Message, Calendar, dan berbagai hal lainnya. Untuk melakukan navigasi menu pada device ini, Anda cukup meng-klik All Program dan melakukan sliding atas atau ke bawah untuk menampilkan seluruh program yang telah terinstall.

HTC sendiri telah mengintegrasikan berbagai aplikasi standar seperti Facebook, Document Viewer, Flickr, Twitter, YouTube, Google Search, Maps, GMail, GTalk, Photo Viewer, Video Recorder dan Player, Music Player, dan Voice Memo. Bila aplikasi-aplikasi ini masih terasa kurang, Anda dapat mendownload berbagai aplikasi gratis lainnya di Android Marketplace. Device ini sendiri telah dipersenjatai dengan Android 2.1 yang dapat Anda upgrade ke 2.2 atau lebih dikenal dengan Froyo. Bahkan aplikasi-aplikasi Java pun telah didukung dengan mempergunakan aplikasi pihak ketiga.

Feature, Konektivitas dan Spesifikasi

HTC menanamkan berbagai feature utama yang menarik seperti Multi-touch input method, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Proximity sensor for auto turn-off, serta Optical trackpad yang telah dibahas di atas. Untuk konektivitas ke dunia maya, device ini menyediakan HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps dan Wi-Fi 802.11 b/g. Sedangkan untuk mengoneksikan device ini dengan PC Anda, HTC Desire menyediakan Bluetooth 2.1 dengan A2DP dan microUSB v2.0.

Selain itu, bagi Anda yang gemar bernavigasi produk ini telah mendukung A-GPS. Dengan CPU Qualcomm Snapdragon QSD8250 1 GHz processor dan memory 576 MB RAM, 512 MB ROM, device ini terasa cukup responsif. Display yang tersedia berukuran 3.7 inci, resolusi 480 x 800 pixels dengan tipe AMOLED capacitive touchscreen tentunya dapat memanjakan mata Anda.

Untuk Anda yang membutuhkan storage tambahan dari apa yang telah disediakan, produk ini menyediakan slot microSD hingga 32 GB. Kualitas suara dan video streaming dengan mempergunakan jalur data ataupun dengan Wi-fi berjalan dengan baik. Flash player yang ditanamkan pada device ini juga dapat berjalan dengan baik. Walaupun begitu, untuk membuka sebuah halaman dengan konten flash di dalamnya terasa cukup lama.

Kamera, Multimedia dan Game

Produk dari HTC yang satu ini menyediakan kamera sebesar 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus. Hasil pengambilan gambar pada kondisi dalam ruangan atau pun di luar ruangan sangat memuaskan. Untuk pengambilan gambar pada kondisi lowlight Anda dapat mempergunakan LED flash yang tersedia guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sarana hiburan yang tersedia adalah video player dan audio player yang telah mendukung file berekstensi MP4/H.263/H.264/WMV9 serta MP3/AAC+/WAV/WMA9.

Contoh hasil kamera dari HTC Desire

Kualitas suara yang direkam mempergunakan device ini cukup baik. Sedangkan kualitas gambar yang dihasilkan dengan video recording device ini memiliki resolusi 720p. Untuk menambah daya tarik device ini, HTC melengkapinya dengan Stereo FM radio with RDS. Kualitas suara yang dihasilkan melalui audio jack 3.1 mm dengan mempergunakan earphone bawaan dapat dikatakan cukup. Sementara itu, untuk kualitas suara yang dihasilkan melalui speaker memang tidak terlalu menyenangkan telinga, namun speaker dapat menghasilkan suara yang cukup keras.

Game bawaan yang tersedia adalah Teeter, sebuah game mini yang mempergunakan Accelerometer sensor yang dapat Anda nikmati dimana pun Anda berada. Beberapa game kecil lainnya dapat Anda peroleh secara gratis dengan men-download langsung dari Android Marketplace. Device ini dapat memainkan game kecil dengan resolusi yang memuaskan tanpa adanya lagging.

Video HTC Desire

Konsumsi Daya

Untuk urusan konsumsi daya, device ini dipersenjatai oleh HTC dengan batere standar, Li-Ion 1400 mAh. Melihat spesifikasi dari HTC Desire, seharusnya HTC mempergunakan batere dengan kapasitas yang lebih tinggi mengingat prosesor dan OS yang dipergunakan banyak mempergunakan daya yang cukup besar. Serangkaian pengujian yang dilakukan terhadap produk ini memiliki hasil yang cukup memuaskan. Selama pengujian berlangsung tidak ada masalah ataupun kejanggalan yang berarti. Device ini dapat bertahan sampai dengan 340 jam (2G) / sampai dengan 360 jam (3G) untuk standby. Sementara itu, untuk talk time, device ini dapat bertahan sampai dengan 6 jam 40 min (2G) / jam 6 h 30 min (3G). Data-data ini diklaim dari pihak HTC sendiri.

Pada penggunaan sehari har,i dengan mempergunakan device ini untuk browsing, sms, audio, video mini, data, dan chatting, device ini dapat bertahan selama satu hari. Pada saat pengujian video, device ini dapat memutar file berekstensi mp4 dengan baik tanpa lagging selama 3 jam lebih. Sementara itu, untuk audio, device ini dapat memutar file berekstensi mp3 dengan baik selama 13 jam lebih. Angka yang cukup lumayan untuk penggunaan sehari-hari.

Proses booting device ini mulai dari kondisi mati hingga dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya memakan waktu selama 43 detik. Sementara itu, untuk transfer data sebesar 11.9 MB dengan mempergunakan kabel mini USB, proses ini memakan waktu selama 3 detik, Sedangkan untuk transfer data file berekstensi mp4 sebesar 52 MB, angka yang diperoleh berkisar 9.50 detik.

Dengan mempergunakan Google Maps yang telah tersedia, device ini dapat dipergunakan selama satu jam untuk bernavigasi. A-GPS yang tersedia juga dapat dikombinasikan dengan maps pilihan Anda selain Google Maps. Aplikasi mapping yang saat ini tersedia untuk Android OS cukup banyak dan dapat diandalkan untuk bernavigasi.

HTC mendistribusikan device ini di Indonesia pada pertengahan Juni 2010. Sayangnya device ini cukup sulit dicari di pasar handphone lokal. Bila Anda ingin memiliki device ini nampaknya harus datang langsung ke distributor atau dealer resmi  HTC yang dapat Anda peroleh dengan mengunjungi website HTC Indonesia. Produk dari HTC ini dibanderol dengan harga berkisar Rp. 6.500.000,-

Kesimpulan

Produk dari HTC yang satu ini memang ditujukan untuk mengisi jajaran papan atas, feature yang berlimpah dan kemampuan yang dapat diandalkan menjadikan produk ini patut untuk diancungi jempol. Bagi Anda yang sedang mencari sebuah device tanpa memperdulikan harga yang dibanderol, Anda patut untuk melirik device ini.

Specifikasi Device
2G Network : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network : HSDPA 900 / 2100
Dimensi : 119 x 60 x 11.9 mm
Berat : 135 g
Display : 480 x 800 pixels, 3.7 inches AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Memory : 576 MB RAM; 512 MB ROM
: microSD, up to 32GB
HDMI port :
Data : HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps
WLAN : WiFi 802.11 b/g/n
Bluetooth : Yes, v2.1 dengan A2DP
USB : Yes, microUSB v2.0
Kamera : 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
CPU : Qualcomm Snapdragon QSD8250 1 GHz processor
OS : Android OS, v2.1 (Eclair), upgradable to Android 2.2 (Froyo)
GPS : A-GPS support
Radio : Stereo FM radio dengan RDS
Sound : MP3/AAC+/WAV/WMA9
Video : MP4/H.264/H.263/WMVMP4/H.263/H.264/WMV9
Standby : Up to 340 h (2G) / Up to 360 h (3G)
TalkTime : Up to 6 h 40 min (2G) / Up to 6 h 30 min (3G)
Batterai : Standard battery, Li-Ion 1400 mAh
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES