Inilah 10 Serangan Komputer Terganas di November 2010

Author
Deliusno
Reading time:
December 6, 2010
eset stats

Dari sekian banyak ancaman yang ada, ESET, perusahaan yang dikenal dengan program antivirus NOD32-nya, berusaha membuat daftar yang berisikan 10 nama ancaman yang paling banyak terjadi di November 2010.

Inilah 10 ancaman yang paling banyak terjadi di November 2010:

1.       INF/Autorun

Inilah ancaman yang paling banyak terjadi di November 2010. ESET mencatat ada 5.75% serangan yang terjadi selama bulan tersebut. Ancaman ini akan menjalankan program yang ada di dalam autorun.inf secara otomatis saat mengakses perangkat-perangkat mobile (USB Flash Drive, contohnya). Autorun.inf merupakan salah satu bentuk malware yang dapat mengcopy diri dan masuk ke perangkat penyimpan data. Walau demikian, cara tersebut bukanlah satu-satunya cara penyebaran program virus tersebut. Pembuat malware selalu siap untuk menambahkan bagian-bagian tertentu sebagai tambahan dengan memasukkan teknik-teknik infeksi tambahan.

2.       Win32/Conficker

Conficker masih saja terus merajalela. Tahun ini, serangan dari Conficker memang sungguh banyak. Win32/Conficker adalah worm jaringan yang biasanya menyebar, memanfaatkan kelemahan dari Windows. Kerentanan yang ada di RPC sub-system dapat dimanfaatkan oleh penyerang secara remote tanpa adanya indentitas valid user. Worm ini banyak menyebar melalui USB Flash Disk dan melalui feature Autorun. Serangan ini terjadi sebanyak 4.92%.

3.       Win32/PSW.OnLineGames

Anggota keluarga Trojan yang biasa digunakan untuk serangan phishing dan ditujukan untuk para pemain game online. Trojan type ini masuk dengan keylogging dan (terkadang) kemampuan rootkit dengan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan game online para pemain. Ada 2.54% serangan yang ditemukan di bulan November lalu.

4.       Win32/Sality

Sality adalah jenis serangan polymorphic file infector. Malware ini akan menyerang setelah kita menyalakan fungsi create/delete registry keys untuk mengaktifkan keamanan di sistem. Bukan menyalakan keamanan yang didapat pengguna, justru proses reboot di masing-masing sistem operasi juga dinyalakan. Terdapat 2.1% serangan yang terjadi di bulan November.

5.       Win32/Tifaut.C

Tifaut malware berbasiskan Autoit scripting language. Malware ini menyebar di antara komputer dengan cara memperbanyak diri dan masuk ke perangkat penyimpanan data (external hard disk atau usb flash disk) dengan cara meng-create file Autorun.inf untk bisa memulai secara otomatis. Malware ini diciptakan untuk mencuri informasi dari komputer yang terinfeksi. Jumlah serangan 1.5%.

6.       INF/Conficker

INF/Conficker berhubungan dengan deteksi INF/Autorun. Threat ini adalah versi lain dari file autorun.inf yang digunakan untuk menyebarkan varian baru dari Conficker worm, malware ini juga mampu meng-disable Autorun. Jumlah serangan 1.46%.

7.       JS/Exploit.CVE-2010-0806.A

JS/Exploit.CVE-2010-0806.A bukan malware baru, tetapi dari deteksi yang dilakukan ESET Threat Center, malware tersebut mengalami peningkatan signifikan sehingga menempati posisi 7 bulan November 2010. Malware ini sebenarnya adalah dikembangkan dengan menggunakan file JavaScript, yang memanfaatkan kerentanaan CVE-2010-0806. Dengan memanfaatkan kerentanan, penyerang bisa mengaktifkan arbitrary code secara remote pada sistem. Jumlah serangan 0.99%.

8.       Win32/Bflient.K

Win32/Bflient.K adalah jenis worm yang menyebar lewat media bergerak dan berisi  backdoor. Dapat dikendalikan secara remote dan akan aktif saat media yang terinfeksi dimasukan ke dalam komputer. Jumlah serangan 0.88%.

9.       Win32/Spy.Ursnif.A

Merupakan program spyware yang mencuri informasi dari PC yang terinfeksi dan mengirimkan ke komputer lain. Dilakukan dengan cara menciptakan account baru yang tersembunyi untuk membuka jalur komunikasi ke desktop lain. Jumlah serangan 0.81%.

10.    HTML/ScrInject.B

Merupakan Generic detection dari halaman web HTML yang terdiri dari script obfuscated atau iframe tags yang secara otomatis mengarahkan kembali ke download malware. Jumlah serangan 0.64%.

Ancaman-ancaman terus saja mengintai setiap pengguna komputer. Jika para pengguna malas untuk mengupdate perangkat keamanannya secara rutin atau kurang berhati-hati saat mengakses dunia maya, maka sangat mungkin kalau komputer mereka akan dijangkiti oleh banyak virus. Oleh karena itu, selalu update perangkat keamanan Anda dan juga mulailah berhati-hati saat berselancar di dunia maya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…