in: News | December 29, 2010 | by: Yufianto Gunawan

Modifikasi Kinect untuk Memainkan Game PC

Predikat Kinect sebagai kontroler untuk Xbox 360 tampaknya akan segera pudar. Teknologi tersebut ternyata menyimpan banyak sekali potensi untuk dikembangkan ke berbagai fungsi lain. Salah satu modifikasi terbaru, yang tengah dikembangkan oleh tim Institute for Creative Technologies dari University of Southern California, hadir pada penghujung tahun 2010 ini. Modifikasi tersebut diberi nama FAAST.

FAAST, Flexible Action and Articulated Skeleton Toolkit, merupakan modifikasi Kinect yang bertujuan untuk memungkinkan kontrol dengan gerakan pada game dan juga aplikasi virtual reality di PC. FAAST bertindak sebagai perantara (middleware) yang mampu membuat Kinect mengemulasikan penekanan tombol keyboard dengan menerima input berupa gerakan tubuh/gesture. Input tersebut kemudian dapat diteruskan ke aplikasi game maupun virtual reality dan akan dikenali oleh aplikasi sebagai input tekanan tombol keyboard. Pengguna dapat mengatur sendiri kombinasi gerakan tubuh dengan tombol keyboard yang akan dipasangkan pada FAAST.

Untuk membuktikan kemampuan FAAST, tim Institute for Creative Technologies mencoba menggunakan middleware tersebut untuk memainkan game MMORPG populer, World of Warcraft, dengan menggunakan Kinect. Hasilnya? Game World of Warcraft berhasil mengenali input dari Kinect, yang tentu saja sudah diterjemahkan terlebih dahulu oleh FAAST, dan karakter dalam game bergerak sesuai dengan input gerakan badan yang diberikan pemain.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES