in: Graphics Card - Overclocking | December 2, 2010 | by: Jagat Review

Onboard Graphics Cards Overclocking Part 1 – Seberapa Jauh Anda Berani Coba?

Extreme Cooling + Onboard Graphics

Beberapa saat kemudian, clock GPU onboard mengalami limit di sekitar 1150Mhz. Usaha untuk menaikkan NB Voltage pun tidak membantu sama sekali. Berarti inilah limitasi GPU onboard kami dengan HSF defaultnya.

Setelah mencapai limitasi overclock dengan pendingin udara, sekarang saatnya mencoba pendingin yang sedikit ekstrim, yaitu dry ice .Sebagai catatan, praktik ini menurut kami sedikit ekstrim. Bagi kami Dry Ice sudah masuk kategori “menyeramkan”! Dry Ice digunakan untuk mendinginkan chipset 890GX ke batas sub-zero, agar clockspeednya bisa ditingkatkan sampai maksimal.

Saat melakukan persiapan untuk overclock ekstrem ini, insulasi berupa kneaded eraser diberikan pada sekitar chipset agar air yang mengembun di sekitar chipset tidak menyusup ke daerah lain disekitarnya. Berikut beberapa gambar ketika insulasi dipasang pada motherboard:

Dan inilah foto sistem saat benchmark di-running, dengan suhu GPU onboard di -58C.

Result – HD4290 @ 1267Mhz

Karena fokus test kali ini adalah melihat seberapa jauh VGA onboard dapat berlari, CPU masih kami biarkan menggunakan HSF saja. Berikut ini adalah hasil akhir yang didapat JagatReview OC Team, dengan GPU Clock di 1267Mhz!

Skor 3DMark06 terakhir yang didapatkan adalah 3740, yang berarti peningkatan sebesar 65.8 % dari performa defaultnya.

Kesimpulan

Perkembangan VGA onboard yang semakin pesat membuat performa dari sebuah VGA onboard semakin bersaing dengan VGA discrete (add-on) kelas low end. Perkembangan tersebut juga membuat produsen menyediakan banyak opsi untuk melakukan optimalisasi. Sebut saja opsi overclocking GPU onboard yang terdapat pada BIOS. Selain itu, VGA onboard yang semakin cepat juga memberikan nilai tersendiri karena performa yang semakin meningkat ini membuat kita tidak harus membeli VGA tambahan jika komputer tersebut hanya digunakan untuk keperluan office ataupun memainkan game 3D yang tergolong ringan.

Jadi, bagi Anda yang menggunakan VGA onboard ATI Radeon HD4290 atau sejenisnya,overclocking pada GPU onboard ini akan berguna untuk meningkatkan kinerjanya. Terutama bila Anda berencana untuk bermain game 3D ringan menggunakan GPU onboard. Hanya saja, pastikan cooling GPU onboard Anda memadai. Hal ini untuk menghindari GPU onboard Anda tidak overheat saat melakukan overclocking. Anggapan onboard GPU tidak bisa di-overclock pun ternyata tidaklah benar. Sudah terbukti bahwa praktik extreme overclocking pun dapat dilakukan pada sebuah GPU onboard.

Bagi penggemar overclocking, praktik Extreme OC GPU terintegrasi masih akan berlanjut ke bagian ke-2. Pada artikel berikutnya kami akan menggunakan Intel GMA HD Graphics. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES