in: Graphics Card - Overclocking | December 9, 2010 | by: Gatot Tri Yuwono

Overclocking NVIDIA GTX 460M

Overclocking graphics card sudah menjadi hal umum saat ini. Apalagi tool overclocking dapat dengan mudah didapatkan dan semakin mudah digunakan, bahkan oleh user yang baru mengenal overclocking. Hampir semua graphics card yang ada di pasaran dapat di-overclock. Ya, bahkan Anda dapat meng-overclock graphics card notebook.

Setelah sebelumnya kami telah menguji NVIDIA GTX 460M dalam kondisi default. Kali ini, kami akan menguji graphics card ini dalam kondisi di-overclock. Sejauh mana graphics card notebook kelas mainstream ini dapat diperas lagi tenaganya? Simak artikel kami berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi clock NVIDIA GTX 460M adalah core clock 675 MHz, shader clock 1350 MHz, dan memory clock 2500 MHz.

Bagaimana caranya ?

Tiba saatnya untuk menguras hingga habis kinerja terpendam NVIDIA GTX 460M. Untuk meng-overclock NVIDIA GTX 460M, kami menggunakan aplikasi MSI Afterburner. MSI Afterburner merupakan tool overclocking graphics card yang berbasiskan engine aplikasi RivaTuner. Anda dapat dengan mudah mendapatkan tool overclocking “gratisan” ini di internet.

Inilah tampilan aplikasi MSI Afterburner. Pada NVIDIA GTX 460M kali ini, MSI Afterburner hanya mengijinkan pengaturan pada core clock, shader clock, dan memory clock. Jika Anda menggunakan tool ini untuk meng-overclock graphics card desktop, Anda juga bisa mengatur kecepatan kipas dan voltase graphics card. Namun, tidak semua graphics card mendukung pengaturan voltase melalui MSI Afterburner.

Kini saatnya menaikkan clock NVIDIA GTX 460M. Pertama-tama kami menaikkan frekuensi clock core hingga mencapai clock tertinggi yang stabil. Setting shader clock tidak perlu diatur lagi karena frekuensi shader clock akan ikut naik seiring kenaikan frekuensi clock core. Peningkatan frekuensi sebesar 1 MHz pada clock core akan menaikkan frekuensi sebesar 2 MHz pada shader clock. Langkah selanjutnya kami menaikkan frekuensi memori clock. Tidak diduga, ternyata kami dengan mudah dapat menaikkan memori clock hingga batas maksimal.

Bagaimana, Anda tertarik untuk meng-overclock graphics card notebook Anda? Jika tertarik, lakukanlah dengan penuh kesabaran. Naikkan clock secara bertahap dan jangan terburu-buru.

Akhirnya kami mendapatkan setting clock yang stabil pada kecepatan 800 MHz untuk clock core, 1600 MHz untuk shader clock, dan 3000 MHz untuk memori clock. Kemudian kami mengukur temperatur kerja NVIDIA GTX460M saat di-overclock dan mendapatkan suhu 77 C dalam kondisi full-load dan 44 C dalam kondisi idle.

Kini tiba saatnya menguji seberapa jauh kenaikan kinerja NVIDIA GTX 460M dibandingkan kondisi default.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES