10 Aplikasi Penting Bagi Pengguna Baru Blackberry

Author
Bimanto
Reading time:
January 2, 2011
images 1

Tahun baru, smart phone baru, kenapa tidak? Anda baru saja memiliki Blackberry? Atau baru berencana membelinya? Banyak orang yang mengira aplikasi Blackberry yang paling sering digunakan adalah Blackberry Messenger. Hingga muncul istilah “Sakaw BBM“. Namun, pendapat tersebut belum tentu benar adanya.

Pada artikel ini, kami akan mencoba memberikan beberapa aplikasi penting yang wajib di-install pada Blackberry sehingga Blackberry Anda tidak hanya digunakan untuk BBM saja, selamat meng-install!

1. Blackberry Messenger (Free)

bbm

Blackberry Messenger (BBM) mungkin adalah aplikasi pertama yang Anda lihat ketika membeli BlackBerry. Aplikasi BBM ini sudah pasti ada ketika pertama kali Anda menyalakan Blackberry. Ada baiknya Anda langsung melakukan upgrade aplikasi ini saat pertama kali menggunakannya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berkomunikasi dengan pengguna Blackberry lain setelah Anda saling bertukar PIN. Aplikasi ini juga menyediakan feature Group Messaging (BB Group) untuk aktivitas messaging secara berkelompok. Feature ini pun yang sedang menjadi tren di kalangan pengguna Blackberry di Indonesia.

2. Yahoo Messager (Free)

ym

Aplikasi messenger kedua yang harus dimiliki adalah Yahoo Messenger. Kami menyebutnya sebagai “Messenger Sejuta Umat“. Aplikasi ini penting karena Anda masih dapat berhubungan dengan pengguna lain yang tidak menggunakan Blackberry.

3. Facebook (Free)

fb

Gemar berkomunikasi dengan teman-teman di dunia virtual? Anda wajib meng-install aplikasi ini ke dalam BlackBerry Anda. Memang, tidak banyak yang dapat dilakukan aplikasi Facebook di BlackBerry. Anda hanya bisa membaca News Feed, update status, upload foto, membuat comment, dan membaca inbox.

4. Twitter for Blackberry dan Uber Twitter (Free)

mm twitter

Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar menulis status dan berkomunikasi melalui Twitter, dua aplikasi ini juga patut di-install. Melalui aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa menulis sepanjang 140 karakter, namun juga bisa meng-upload foto dengan hanya sekali klik. Kedua aplikasi ini memiliki feature masing-masing yang dapat memudahkan Anda berkomunikasi. Pada Uber Twitter, Anda bisa memiliki ReTweet Syle: mengepos tweet apa adanya atau menambahkan sedikit komentar di tweet yang dimaksud. Anda juga bisa melakukan “mute” bagi user yang Anda anggap tweet-tweet-nya mengganggu. Sedangkan, di Twitter for Blackberry, Anda tidak bisa memberikan komentar pada tweet yang ingin Anda ReTweet. Solusinya, Anda bisa menggunakan feature “Quote Tweet” dan membubuhkan RT di depan tweet yang dimaksud. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua tweet harus Anda ReTweet, apalagi jika isinya hanya percakapan umum. Kedua aplikasi tersebut tentunya menyediakan feature “Reply” untuk membantu obrolan ringan Anda dengan teman.

5. Google Map (Free)

images3

Jika tidak ingin tersesat, aplikasi Google Map penting untuk dimasukkan dalam BlackBerry Anda. Anda bisa mencari alamat dan jalan menuju tempat tujuan Anda. Bila Anda tidak mempunyai BlackBerry dengan feature GPS, BlackBerry dengan A-GPS juga tetap bisa digunakan untuk menunjukkan lokasi Anda. Namun sayangnya, A-GPS tidak memberikan informasi lokasi se-akurat Google Map. Dengan aplikasi ini, Anda bahkan dapat menandai tempat-tempat penting, seperti lokasi kantor dan tempat tinggal orang terpenting Anda sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasukkan alamatnya kembali jika sedang diperlukan.

6. Shazam (Free 5 tag/4.99USD unlimited tag)

shazam

Mungkin Anda ingin mengetahui informasi lagu yang sedang Anda dengar. Misalnya, ada satu lagu di radio yang ingin Anda ketahui judulnya. Aplikasi Shazam ini dapat memberikan informasi tersebut. Caranya, cukup dekatkan Blackberry Anda lalu tekan tombol Tag. Dalam waktu yang relatif cepat, lagu yang Anda maksud akan terdeteksi.

7. QuickPull (Free)

quickpull

Aplikasi ini akan sangat berguna  untuk mengembalikan BlackBerry Anda menjadi “sehat”. Seperti kita ketahui, setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu, BlackBerry Anda akan menurun “staminanya”. Hal ini disebabkan karena banyaknya cache yang membengkak. QuickPull akan menutup aplikasi yang tidak tertutup dan akan membersihkan cache sehingga BlackBerry Anda akan menjadi lebih “sehat”. Aplikasi ini bahkan dapat melakukan schedule restart sesuai dengan jam yang Anda tunjuk.

8. Document to Go (Free trial/14.99USD)

Smartphone Apps Documents To Go

Anda memang tidak bisa menggunakan aplikasi Office layaknya komputer di gadget ini. Namun, Anda bisa memanfaatkan Doc to Go untuk membuka file berjenis .doc. Anda juga bisa melakukan editing melalui aplikasi ini. Selain itu, di paket penjualan, Anda juga akan mendapatkan aplikasi lainnya, seperti Slide to Go, Sheet to Go, dan bonus PDF (hanya membaca)

9. unRAR (4.99 USD) dan Ziplorer (9.99USD)

unrar icon

Apakah Anda sering kebingungan membuka file yang terkompresi pada attachment email? Sepertinya Anda harus memasang aplikasi ini untuk membuka file RAR atau ZIP. Kedua aplikasi ini akan membuka secara otomatis ketika Anda berusaha mengakses file RAR atau ZIP. Tentu saja, untuk dapat membukanya, Anda harus meng-extract-nya terlebih dahulu.

1o. BBTrans (Free)

bbtrans

Aplikasi yang satu ini pastinya akan sangat berguna bagi Anda yang sering pelesir ke negara yang tidak Anda pahami bahasanya. Aplikasi ini dapat menerjemahkan 64 bahasa (Arabic, Chinese, Dutch, English, French, German, Greek, Italian, Japanese, Korean, Portuguese, Russian, Spanish, dan lain sebagainya). Anda tinggal memilih proses penerjemahannya (dari bahasa A ke bahasa B) lalu mengetikkan kata yang Anda maksud di bar yang disediakan. Kata yang Anda ketikkan tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang Anda inginkan.


Artikel ini akan kami perbarui jika ada masukan tambahan dari Anda. Pesan terakhir kami, “Jangan abaikan orang di sekitar Anda karena mereka lebih penting dari tuts dan layar BlackBerry Anda”. Selamat meng-install!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…