in: News | January 7, 2011 | by: Deliusno

25% Pengguna Komputer Tidak Menggunakan Antivirus

Apakah Anda menggunakan sebuah aplikasi anti virus? Ternyata, menurut penelitian yang dilakukan Avira di bulan November 2010 lalu, ada 25 persen pengguna komputer yang mengaku telah me-nonaktifkan perlindungan antivirus mereka. Mereka melakukan hal tersebut karena berpikir kalau program keamanan tersebut akan memperlambat mereka. Selain itu, terdapat 60 persen responden yang telah mencoba beberapa produk antivirus dalam waktu setahun.

Ukuran sampel dari survei keamanan konsumen adalah 9,091 dengan margin kesalahan antara 0,28% dan 1%. Pertanyaan-pertanyaan itu diajukan kepada 100 juta lebih pengguna Avira di seluruh dunia, yang berdasarkan survey internasional. Berikut adalah hasil dari survei keamanan Avira pada bulan November:

Ø  62,84% – Telah mencoba berbagai produk keamanan dalam waktu satu tahun

Ø  25.15% – Menonaktifkan Software Anti virus karena saya merasa itu memperlambat komputer

Ø  12.01% – Tidak berpikir  untuk menggunakan internet karena alasan keamaan

“Hal ini tidak mengherankan bahwa konsumen mencoba lebih dari dua produk keamanan setiap tahun karena semua orang sedang mencoba untuk menemukan produk keamanan yang tepat yang dapat secara efektif menyeimbangkan perlindungan dan pemanfaatan komputer mereka” kata Sorin Mustaca, pakar keamanan data Avira.

Apakah Anda adalah pengguna komputer yang masuk ke dalam 25 persen tersebut? Hal tersebut, menurut Avira, ternyata bukanlah ide yang baik. Ada beberapa masalah yang bisa terjadi jika Anda tidak menggunakan antivirus, yaitu komputer yang ada dapat benar-benar terkena virus, bahkan virus yang paling sederhana dapat memungkinkan orang jahat memasukan virus tersebut ke dalam botnet yang digunakan untuk mendistribusikan malware dan phishing.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES