in: Multimedia Player | January 28, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

A.C Ryan Playon! HD Essential: Minimalis dengan Dukungan Format Lengkap

Anda mungkin sudah familiar dengan nama A.C Ryan, salah satu produsen piranti multimedia player yang cukup dikenal di dunia internasional. Seri Playon! HD dari AC Ryan menawarkan dukungan format lengkap berikut fungsi koneksi jaringan dan kemampuan untuk berperan sebagai Network Attached Storage (NAS). Namun, sebagian pengguna mungkin tidak membutuhkan kedua feature yang disebutkan tadi. Di sinilah Playon! HD Essential berperan.

Sesuai namanya, Playon! HD Essential memiliki semua feature dasar yang wajib ada di sebuah media player, minus koneksi jaringan karena chip Realtek RTD1055DD yang tertanam di dalamnya memang tidak mendukung feature tersebut. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas berarti bahwa ia dapat dipandang sebelah mata. Multimedia player dari AC Ryan ini mewarisi luasnya dukungan format dan codec audio-video yang dimiliki “kakaknya”, Playon! HD Essential. Ini adalah salah satu keunggulan utamanya. Daftar lengkap content multimedia yang didukung dapat Anda lihat pada tabel di bawah.

A.C Ryan Playon! HD Essential

Boks kemasan Playon! HD Essential

Playon! HD Essential memfokuskan diri pada playback content multimedia. Karena itu, Anda tidak akan menemukan kelengkapan lain seperti misalnya konektivitas jaringan/ internet. Untuk fungsi storage, Playon! HD Essential mampu mengakomodir hard disk SATA 3,5” internal hingga 2 TB.

Anda dapat memasang hard disk di dalam Playon! HD Essential dengan terlebih dahulu melepas sisi penutup bagian bawah. Sisi penutup ini sekaligus berfungsi sebagai drive bay sederhana tempat menaruh hard disk, dengan empat sekrup yang dapat dikencangkan untuk memantapkan hard disk di posisinya.

Hard disk 3,5” dalam keadaan terpasang di “drive bay” Playon! HD Essential

Dengan memasang hard disk internal di dalamnya, perangkat ini juga dapat berfungsi layaknya external storage device. Cukup dengan mengkoneksikan kabel USB ke PC, dan Anda dapat mengakses hard disk yang terpasang di Playon! HD Essential layaknya HDD eksternal. Ada satu hal yang kami sayangkan. Penutup bagian bawah yang sekaligus menjadi tempat menaruh hard disk di Playon! HD Essential memiliki sisi-sisi yang agak kasar dan tajam. Jadi, mungkin Anda perlu sedikit berhati-hati saat memasang hard disk agar tangan tidak tergores.

Ketika membuka penutup bagian bawah Playon! HD Essential, Anda dapat melihat susunan bagian dalamnya yang tampak sederhana. Hanya terdapat sebuah papan PCB yang memuat chip Realtek RTD1055DD berikut komponen-komponen utama lainnya dan interface untuk hard disk SATA. Sebuah papan PCB yang lebih kecil mengontrol tombol power dan interface infra merah untuk remote di bagian depan.

Nomor tipenya kurang jelas terlihat karena terdapat coretan di permukaannya, namun ini adalah chip Realtek RTD1055DD yang menjadi “otak” Playon! HD Essential
Bagian dalam Playon! HD Essential

Di salah satu sudut, Anda dapat menemukan sebuah fan exhaust berukuran kecil. Kipas ini cukup berguna untuk membuang panas dari hard disk agar tidak menumpuk di dalam Playon! HD Essential. Meskipun berputar dengan kecepatan rendah, suara fan ini  dapat jelas terdengar saat Anda berada dalam lingkungan yang sunyi. Begitu pun dengan suara putaran hard disk (jika terpasang di dalam Playon! HD Essential) yang bisa sedikit mengganggu keasyikan menonton.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES