in: News | January 4, 2011 | by: Yufianto Gunawan

AMD Luncurkan Fusion APU!

Kejutan kembali datang dari AMD. Setelah mengabarkan kebangkiran kembali prosesor dengan kasta tertinggi mereka, AMD FX, beberapa waktu yang lalu, AMD kembali memberikan kejutan dengan mengumumkan kehadiran generasi terbaru prosesor mereka, Fusion APU, di acara CES 2011.

Fusion APU (Accelerated Processing Unit) merupakan gabungan dari CPU multi-core, GPU diskrit DirectX 11 dengan kemampuan pemrosesan paralel, video acceleration block dengan kemampuan pemrosesan video high definition, dan high-speed bus sebagai jalur penghubung komponen internal APU yang semuanya terpasang di dalam sebuah inti (single die design). Sepanjang tahun 2010 yang lalu, AMD sempat beberapa kali menunjukkan kemampuan APU tersebut, salah satunya adalah pada acara di bulan September 2010 yang lalu. Yang cukup membanggakan, JagatReview berkesempatan menjadi salah satu media pertama yang melihat kemampuan APU AMD tersebut!

Kembali ke Fusion APU. Pada CES 2011 ini, AMD merilis empat varian Fusion APU mereka, E-350, E-240, C50, dan C-30. E-350 dan E-240 merupakan APU seri E yang berbasis pada desain dengan kode “Zacate”. Kedua APU tersebut memiliki TDP (Thermal Design Power) yang cukup rendah, 18 Watt. APU pada seri E ini ditujukan untuk digunakan pada notebook kelas mainstream, all-in-one PC, dan desktop berukuran kecil. Sementara itu, C-50 dan C-30 merupakan wujud nyata dari “Ontario” yang memiliki TDP sebesar 9 Watt. Kedua APU seri C tersebut akan cocok untuk digunakan pada netbook.

Selain APU seri E dan seri C tersebut, AMD sebenarnya masih memiliki beberapa seri lain untuk produk APU mereka, seri A dan APU untuk kelas tablet. Namun, AMD tidak akan merilis kedua macam APU tersebut pada CES 2011. Mereka hanya menjanjikan kedua macam APU tersebut akan hadir sebelum pertengahan tahun 2011 ini.

Fusion APU ini tampaknya berhasil menarik perhatian beberapa produsen notebook dan netbook terkenal di dunia. Bersamaan dengan pengumuman kehadiran Fusion APU tersebut dari AMD, beberapa perusahaan seperi Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony, dan Toshiba juga turut mengumumkan produk mereka yang akan menggunakan Fusion APU tersebut di acara CES 2011.

Konsep dan fitur menarik yang diusung AMD dalam Fusion APU tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Namun, hal yang paling membuat penasaran dari Fusion APU adalah bagaimana performa dari prosesor baru AMD tersebut. Ya, tentu saja kita semua akan bisa mengetahuinya setelah produk-produk yang menggunakan Fusion APU tersebut resmi beredar di pasaran.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES