in: News | January 11, 2011 | by: Deliusno

IBM: 3D Holographic Phone Akan Hadir Lima Tahun Lagi

Pernahkah Anda berpikir, teknologi apa yang dapat kita nikmati dalam lima tahun mendatang? Ternyata teknologi-teknologi yang sama seperti di beberapa film sci-fi benar-benar sedang dipersiapkan agar dapat kita nikmati dalam kurun waktu lima tahun ke depan. IBM merupakan salah satu perusahaan raksasa TI yang sedang berupaya untuk mewujudkan impian tersebut.

Inilah 5 teknologi yang diprediksi akan segera terjadi dalam kurun waktu lima tahun mendatang:

Lima tahun lagi, salah satu adegan dalam Star Wars ini mungkin dapat menjadi kenyataan

Anda akan dapat menampilkan teman-teman dalam bentuk 3D

Anda sering menonton acara di televisi yang bertemakan masa depan? Biasanya, di film dengan genre tersebut, seringkali kita melihat para pemain berkomunikasi melalui ponsel yang mendukung hologram 3D secara real time. Dalam lima tahun mendatang, teknologi yang ada di film tersebut diprediksi akan menjadi kenyataan!

Para ilmuwan, termasuk di IBM, saat ini sedang berusaha mengembangkan video chat. Mereka akan mengembangkannya menjadi hologram chat atau 3D telepresence. Teknik ini memanfaatkan pancaran cahaya dari sebuah benda dan menyusunnya kembali menjadi gambar benda tersebut, mirip teknik yang digunakan mata kita untuk menggambarkan apa yang kita lihat.

Baterai dapat diisi ulang dengan cara “menghirup udara”

Notebook atau ponsel Anda cepat sekali kehabisan baterai? Lima tahun lagi, masalah seperti itu tampaknya tidak akan terjadi lagi.

Para ilmuwan tidak lagi mengembangkan baterai lithium-ion yang banyak kita gunakan saat ini. Mereka saat ini sedang mengembangkan baterai yang dapat menggunakan udara yang kita hirup untuk bereaksi terhadap metal padat energi, sehingga menghilangkan kendala utama untuk mewujudkan baterai yang dapat bertahan lebih lama. Jika berhasil, hasilnya adalah baterai yang dapat diisi ulang, ringan, berdaya besar, dan mampu mendayai apa saja, dari perangkat konsumer hingga mobil listrik.

Anda tidak perlu menjadi ilmuwan untuk menyelamatkan planet ini

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi, bahkan jika Anda bukanlah seorang ilmuwan. Dalam lima tahun mendatang, sensor di ponsel, mobil, dompet dan bahkan tweet Anda akan menyelamatkan dunia.

Saat ini, para ilmuwan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan data-data. Semua data yang dihasilkan melalui sensor barang yang Anda bawa nantinya akan berperan banyak untuk menyelamatkan bumi. Observasi sederhana, seperti ketika salju pertama kali mencair di kota, ketika nyamuk mulai bermunculan, ketika ada sungai yang mengering, adalah contoh data yang akan sangat berharga untuk para ilmuwan. Bahkan notebook Anda dapat digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi aktifitas seismis. Jika diterapkan dengan benar dan dihubungkan ke sebuah jaringan komputer lainnya, notebook Anda dapat membantu memetakan dampak gempa secara cepat, sehingga mempercepat pekerjaan tanggap bencana dan berpotensi menyelamatkan lebih banyak jiwa.

Cara anda bepergian akan lebih bersifat personal

Anda tinggal di kota yang dipenuhi dengan kemacetan? Sepertinya lima tahun lagi, masalah tersebut tidak akan terjadi lagi. Teknologi analitik canggih sedang dipersiapkan untuk memberi rekomendasi personal yang memungkinkan kita sampai ke tujuan dengan waktu tercepat. Sistem lalu lintas adaptif akan secara intuitif mempelajari pola dan perilaku bepergian kita untuk menyediakan informasi rute dan keselamatan perjalanan yang lebih dinamis dari yang sudah ada saat ini.

Dengan menggunakan model-model matematik baru dan teknologi analitik prediktif IBM, para peneliti akan dapat menganalisa dan mengombinasikan berbagai skenario yang mungkin mempengaruhi pengguna jalan. Hal ini akan memungkinkan usulan rute terbaik untuk perjalanan sehari-hari, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kecelakaan lalu lintas, posisi pengguna jalan, perbaikan/pembangunan jalan yang sedang/akan dikerjakan, hari-hari dimana Anda paling sering bepergian, jam mulai kerja yang diharapkan, kejadian yang mungkin berdampak pada lalu lintas, alternatif transportasi (kereta api atau ferry), ketersediaan tempat parkir, dan ramalan cuaca.

Komputer akan membantu menyediakan energi untuk kota Anda

Siapa bilang komputer hanya memakan energi saja? Energi dan panas berlebih yang dihasilkan oleh komputer ternyata dapat berguna! Contohnya seperti sistem pemanas gedung di musim dingin dan AC di musim panas. Bayangkan jika semua energi yang disalurkan ke pusat data di seluruh dunia dapat didaur-ulang untuk keperluan lain di kota Anda.

Teknologi-teknologi baru, seperti sistem pendingin air pada chip yang dikembangkan IBM, memungkinkan energi termal dari kumpulan prosesor komputer untuk didaur-iulang untuk menyediakan air panas di kantor-kantor atau di rumah-rumah.

Apakah dalam lima tahun ke depan, semua teknologi canggih tersebut dapat terwujud? Kita tunggu saja!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES